FIKRAH EMILY NASRALLAH ‘AN AL-UNSURIYYAH FI AL-QISSAH AL-QASIRAH “ASWAD WA ABYAD” (DIRASAH BINYAWIYYAH TAULIDIYYAH LI LUCIEN GOLDMANN)

Dinda Saphira, NIM.: 18101010029 (2022) FIKRAH EMILY NASRALLAH ‘AN AL-UNSURIYYAH FI AL-QISSAH AL-QASIRAH “ASWAD WA ABYAD” (DIRASAH BINYAWIYYAH TAULIDIYYAH LI LUCIEN GOLDMANN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FIKRAH EMILY NASRALLAH ‘AN AL-UNṢURIYYAH Fῑ AL-QIṢṢAH AL-QAṢIRAH “ASWAD WA ABYAḌ” (DIRASAH BINYAWIYYAH TAULIDIYYAH LI LUCIEN GOLDMANN))
18101010029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FIKRAH EMILY NASRALLAH ‘AN AL-UNṢURIYYAH Fῑ AL-QIṢṢAH AL-QAṢIRAH “ASWAD WA ABYAḌ” (DIRASAH BINYAWIYYAH TAULIDIYYAH LI LUCIEN GOLDMANN))
18101010029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Fikrah Emily Nasrallah ‘an Al-Unṣuriyyah fῑ Al-Qiṣṣah Al-Qaṣirah “Aswad wa Abyaḍ” (Dirasah Binyawiyyah Taulidiyyah Li Lucien Goldmann)” ini bertujuan untuk mengungkap dan mengetahui pandangan atau pemikiran Emily Nasrallah terhadap rasisme sebagai subjek kolektif dalam cerpennya yang berjudul “Aswad wa Abyad” dan untuk mengetahui struktur karya sastra serta kondisi masyarakat Lebanon sebagai latar tempat dari penulisan cerpen tersebut. Lebanon dikenal dengan negara multikultural dengan berbagai ras, etnis, budaya, agama, ditambah banyak migran dari luar Lebanon semakin membuatnya menjadi negara yang kaya akan perbedaan. Oleh karena itu, masalah-masalah sosial seperti diskriminasi rasial masih dapat ditemukan. Penelitian ini menggunakan teori Strukturalisme Genetik milik Lucien Goldmann yang beranggapan bahwa karya sastra adalah karya pengarangnya dan sekaligus merupakan suatu kenyataan sejarah yang mengkondisikan munculnya karya sastra itu. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka yang mana tergolong pada penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode dialektik yang menghubungkan struktur karya sastra, realitas sosialnya dan pengarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) struktur cerpen yang ambigu dan penuh oposisi yang mendua dan cerpen menujukkan fakta sosial akan rasisme sehingga memunculkan homologi antara teks dan situasi di luar teks, (2) pandangan dunia pengarang adalah pemikiran yang inklusif dan terbuka, sebagai solusi sebuah perlawanan terhadap rasisme pengarang memaparkan strategi-strategi melawan rasisme yaitu: perubahan pola pikir masyarakat, mendengarkan dan bersimpati pada korban rasisme, pendidikan, dan aktif mendukung organisasi-organisasi kemanusiaan, dan (3) adanya sistem Kafala di Lebanon yang memperbudak para imigran yang menjadi sarang rasisme, cerpen juga menyuarakan subjek kolektif pengarang, yaitu kelompok reformis intelektual kritis yang berseberangan dengan kelompok penguasa, kelompok media dan kelompok ekonomi kapitalis yang melanggengkan rasisme itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tatik Mariyatut Tasnimah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Rasisme, Strukturalisme Genetik, Pandangan Dunia
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2022 10:34
Last Modified: 16 Sep 2022 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53099

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum