MODEL PENINGKATAN KOMPETENSI MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI MAZE KARPET COVID-19

Dini Anggraeni, NIM.: 20204031001 (2022) MODEL PENINGKATAN KOMPETENSI MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI MAZE KARPET COVID-19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENINGKATAN KOMPETENSI MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI MAZE KARPET COVID-19)
20204031001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENINGKATAN KOMPETENSI MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI MAZE KARPET COVID-19)
20204031001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan motorik kasar anak sangat penting dan harus dipantau secara berkelanjutan. Namun, pada kenyataannya kompetensi motorik kasar anak belum berkembang secara optimal. Hal ini disebabkan karena aktivitas anak lebih dominan pada kegiatan bermain gadget atau smartphone yang mengakibatkan anak tidak aktif bergerak, sehingga keterampilan motorik tidak berkembang secara optimal. Maka perlu dilakukan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Sehingga, terwujudlah model pembelajaran dalam peningkatkan motorik kasar anak melalui permainan edukatif Maze karpet Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan dan efektivitas Maze karpet Covid-19, serta bagaimana Maze karpet Covid-19 diorientasikan dan diharapakan dapat berimplikasi terhadap motorik kasar anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan delapan tahap pengembangan yaitu: tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Setelah produk dinyatakan layak maka selanjutnya dilaksanakan eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas produk terhadap kemampuan motorik kasar anak. Tahapan eksperimen dilaksanakan dengan melaksanakan Pre-test untuk mengetahui kemampuan awal anak sebelum diberi perlakuan dan Post-test untuk mengetahui kemampuan anak setelah diberi perlakuan. Informan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah dan dua guru kelompok B RA Az-Zuhdi lubuklinggau dengan total tiga informan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data validasi ahli, uji coba produk skala kecil dan uji coba skala besar. Teknik uji keabsahan data menggunakan uji validitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kompetensi motorik kasar anak layak dan efektif ditingkatkan melalui permainan edukatif maze karpet covid-19. (2) Maze karpet Covid-19 yang diorientasikan untuk peningkatan kompetensi motorik kasar anak usia dini memiliki muatan materi kompetensi motorik kasar anak yang sesuai dengan capaian perkembangan anak dan memiliki desain yang menarik. (3) Terdapat implikasi penggunaan maze karpet Covid-19 terhadap kompetensi motorik kasar anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Na‘imah, M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: permainan edukatif; keterampilan gerak anak; Covid-19 Carpet Maze; gross motor competence
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Sep 2022 10:26
Last Modified: 31 Jan 2023 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53102

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum