AN-NAZRAH AL-ALAMIYYAH FI AL-RIWAYAH RIJALUN FI AL-SYAMS (DIRASAH TAHLIYYAH BINYAWIYYAH TAKWINIYYAH LI LUCIEN GOLDMANN)

Ni’ma Royyin Husnaya, NIM.: 18101010075 (2022) AN-NAZRAH AL-ALAMIYYAH FI AL-RIWAYAH RIJALUN FI AL-SYAMS (DIRASAH TAHLIYYAH BINYAWIYYAH TAKWINIYYAH LI LUCIEN GOLDMANN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AN-NAZRAH AL-ALAMIYYAH FI AL-RIWAYAH RIJALUN FI AL-SYAMS (DIRASAH TAHLIYYAH BINYAWIYYAH TAKWINIYYAH LI LUCIEN GOLDMANN))
18101010075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (AN-NAZRAH AL-ALAMIYYAH FI AL-RIWAYAH RIJALUN FI AL-SYAMS (DIRASAH TAHLIYYAH BINYAWIYYAH TAKWINIYYAH LI LUCIEN GOLDMANN))
18101010075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang berjudul An-Naẓrah Al-Ᾱlamiyyah Fῑ Al-Riwāyah Rijālun fī Al-Syams (Dirᾱsah Tahlῑyyah Binyawiyyah Takwῑniyyah Li Lucien Goldmann) ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dunia Ghassan Kanafani terhadap perjuangan dan revolusi Palestina dalam novel Rijālun fī Al-Syams, dan untuk mengetahui struktur karya sastra dan kondisi masyarakat Palestina di kamp-kamp pengungsi, kemudian membandingkannya dengan realitas yang terjadi. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya beberapa fakta di dalam novel yang relevan dengan aktivitas kemanusiaan yang terjadi pada masyarakat Palestina yang hidup pada masa peristiwa Nakbah 1948 Palestina. Adapun latar penceritaan dalam novel berkaitan erat dengan sejarah Nakbah, dimana ribuan warga Palestina terusir dari tempat tinggalnya. Ghassan menggambarkan kondisi pengungsi Palestina tersebut dengan kisah tiga laki-laki yang mati di tengah perjalanan penyeludupan dari Irak ke Kuwait. Penelitian ini menggunakan teori strukturalisme genetik yang dicetuskan oleh Lucien Goldmann dengan metode dialektik, yang berfokus pada lima aspek yaitu Fakta Kemanusiaan, Subjek Kolektif, Pandangan Dunia, Struktur Karya Sastra, dan Dialektika Pemahaman – Penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fakta-fakta yang terdapat dalam novel relevan dengan realitas yang terjadi, baik dari segi sosial, ekonomi, dan politik yang ada pada masyarakat. Fakta-fakta tersebut merupakan hasil aktivitas para pengungsi Palestina sebagai subjek kolektif. Dalam novel tersebut Ghassan menggambarkan pandangan dunianya berupa perjuangan revolusi Palestina-Arab, dimana menurutnya perjuangan revolusi Palestina tidak akan berakhir tanpa adanya revolusi yang terjadi pada seluruh dunia Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurain, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pandangan Dunia, Ghassan Kanafani, Novel Rijālun fi Al-Syams.
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Sejarah
Kesusastraan Arab > Sosiologi Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2022 10:46
Last Modified: 16 Sep 2022 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum