ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT WHISTLEBLOWING Studi pada Mahasiswa Akuntansi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Muhammad Nukhi Hardiansyah, NIM.: 16840033 (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT WHISTLEBLOWING Studi pada Mahasiswa Akuntansi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT WHISTLEBLOWING Studi pada Mahasiswa Akuntansi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
16840033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT WHISTLEBLOWING Studi pada Mahasiswa Akuntansi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
16840033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir masyarakat dikejutkan dengan banyaknya kasus kecurangan yang terjadi baik pada instansi pemerintah maupun swasta. Salah satu faktor yang membuat kecurangan masih terus terjadi adalah kurangnya minat masyarakat dalam melaporkan tindak kecurangan yang mereka ketahui. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap berperilaku, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap niat whistleblowing dalam mengungkap kecurangan. Penelitian ini menggunakan jenis data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi seperangkat pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawab. Populasi penelitian ini adalah mahasiwa akuntansi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 105 orang. Model analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan sikap berperilaku, norma subjektif, dan persepsi pengendalian perilaku yang dimiliki oleh seseorang khususnya mahasiswa akuntansi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta secara signifikan memegahuri niatnya untuk melakukan whistleblowing dalam mengungkap kecurangan. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa secara simultan sikap berperilaku, norma subjektif, dan persepsi pengendalian perilaku yang dimiliki oleh seseorang khususnya mahasiswa akuntansi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta secara signifikan memegahuri niatnya untuk melakukan whistleblowing dalam mengungkap kecurangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibi Satidi. S.H.I., M.SI
Uncontrolled Keywords: fraud; norma subjektif; perilaku; behavior
Subjects: Ekonomi Islam > Akuntansi Syari'ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Sep 2022 15:29
Last Modified: 16 Sep 2022 15:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum