PENGARUH INTENSITAS MEMBACA CHANNEL TELEGRAM MATERI UYUNUL MASAAIL LINNISA’ TERHADAP PEMAHAMAN TENTANG FIKIH PEREMPUAN PADA PELANGGAN CHANNEL

Amelia Insani, NIM.: 18102010023 (2022) PENGARUH INTENSITAS MEMBACA CHANNEL TELEGRAM MATERI UYUNUL MASAAIL LINNISA’ TERHADAP PEMAHAMAN TENTANG FIKIH PEREMPUAN PADA PELANGGAN CHANNEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTENSITAS MEMBACA CHANNEL TELEGRAM MATERI UYUNUL MASAAIL LINNISA’ TERHADAP PEMAHAMAN TENTANG FIKIH PEREMPUAN PADA PELANGGAN CHANNEL)
18102010023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTENSITAS MEMBACA CHANNEL TELEGRAM MATERI UYUNUL MASAAIL LINNISA’ TERHADAP PEMAHAMAN TENTANG FIKIH PEREMPUAN PADA PELANGGAN CHANNEL)
18102010023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perempuan muslim di kehidupan bermasyarakat seperti sekarang ini sangat minim pengetahuannya terhadap persoalan Fikih Perempuan, terutama persoalan darah haid, nifas, dan istihadah. Berkaitan dengan hal tersebut, pesan dakwah di era digital saat ini menjadi lebih praktis dan memiliki jangkauan yang luas. Salah satu media yang menarik untuk penelitian ini adalah Channel Telegram Materi Uyunul Masaail Linnisaa, di mana channel tersebut digunakan untuk mem-broadcast materi-materi dakwah khususnya tentang Fikih Perempuan yang fokus utamanya membahas seputar permasalahan haid, nifas, dan istihadah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana intensitas membaca channel telegram materi uyunul masaail linnisa? bagaimana pemahaman tentang fikih perempuan pada pelanggan channel materi uyunul masaail linnisa? apakah terdapat pengaruh antara intensitas membaca channel telegram materi uyunul masaail linnisa terdahap pemahaman tentang Fikih Perempuan pada pelanggan channel? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat ukurnya. Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dan mendapatkan 100 responden dengan kriteria yang sudah ditentukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel intensitas membaca channel Telegram Materi Uyunul Masaail Linnisa terhadap pemahaman tentang Fikih Perempuan pada pelanggan channel. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa nilai F hitung 2,578 < F tabel 3,96 serta nilai probabilitasi signifikansi 0,112 > 0,05. Kemudian dikuatkan dengan hasil perhitungan koefisien korelasi bahwa nilai koefisiensi yang diperoleh sebesar 0,179 yang mana interpretasi data masuk pada kategori 0,0 – 0,2. Artinya, tidak terdapat korelasi atau hubungan antara variabel X (intensitas membaca channel materi uyunul masaail linnisa) dengan variabel Y (pemahaman tentang Fikih Perempuan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Telegram, Pemahaman, Fikih Perempuan
Subjects: Penyiaran Islam
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2022 13:32
Last Modified: 16 Sep 2022 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53116

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum