RESPON TAREKA T TERHADAP RELASI A GAMA DAN NEGARA DI INDONESIA (STUD I SIYASAH TERHADAP GERAKAN TAREKA T PONDOK PESANTREN MAMBAUL HUDA BLORA)

Imam Ali Bashori, NIM. 01370863 (2006) RESPON TAREKA T TERHADAP RELASI A GAMA DAN NEGARA DI INDONESIA (STUD I SIYASAH TERHADAP GERAKAN TAREKA T PONDOK PESANTREN MAMBAUL HUDA BLORA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON TAREKA T TERHADAP RELASI A GAMA DAN NEGARA DI INDONESIA (STUD I SIYASAH TERHADAP GERAKAN TAREKA T PONDOK PESANTREN MAMBAUL HUDA BLORA))
01370863_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (RESPON TAREKA T TERHADAP RELASI A GAMA DAN NEGARA DI INDONESIA (STUD I SIYASAH TERHADAP GERAKAN TAREKA T PONDOK PESANTREN MAMBAUL HUDA BLORA))
01370863_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mencoba menjawab pokok persoalan tentang respon lembaga tarekat terhadap relasi antara agama (Islam) dan negara di Indonesia. Pada umumnya lembaga tarekat tersebut adalah yang Mu'tabar dan secara lebih khusus kami mencoba meneliti Pondok Tarekat Mambaul Huda Blora sebagai sample lembaga tarekat di Indonesia. Berdasarakan pada pembahasan yang telah disampaiakan pada bab-bab sebelumnya, dapat diambil kesimpulan bahwa, tarekat pada awal terbentuknya telah memiliki potensi untuk menyalurkan aspirasi politik oleh para pengikutnya. Dengan ritual yang menuntut adanya ikatan emosional baik dengan guru atau murid lainya, tarekat berhasil menjadi kekuatan masa yang besar. Hal tersebut terlihat dengan adanya beebagai macarn saluran politik dari lembaga tarekat. Lembaga Tarekat di Indonesia pada urnumnya telah bergabung dengan organisasi tradisionalis seperti NU atau Pcrti. Olch karcnanya respon politik dari lembaga terakat hanya terlihat kctika mereka bergabung dengan organisasi tcrscbut. Tarekat yang tclah bcrgabung dcngan NU secara otomatis merniliki respon yang sama dengan NU tcntang berbagai persoalan, seperti tentang masalah Relasi agama (Islam) dan Negara di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Yani Anshori
Uncontrolled Keywords: Tarekat, Relasi Agama, Mambaul Huda Blora
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Sep 2022 13:59
Last Modified: 16 Sep 2022 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53128

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum