HUBUNGAN REGULASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN FOMO (FEAR OF MISSING OUT) PADA REMAJA AKHIR DI YOGYAKARTA

Almiro Efeni Sanah, NIM.: 17107010076 (2022) HUBUNGAN REGULASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN FOMO (FEAR OF MISSING OUT) PADA REMAJA AKHIR DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN REGULASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN FOMO (FEAR OF MISSING OUT) PADA REMAJA AKHIR DI YOGYAKARTA)
17107010076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN REGULASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN FOMO (FEAR OF MISSING OUT) PADA REMAJA AKHIR DI YOGYAKARTA)
17107010076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya penggunaan media sosial pada berbagai aspek kehidupan membawa konsekuensi pada banyaknya arus informasi yang diterima masyarakat. Kondisi ini berpotensi pada kerentanan pengguna media sosial mengalami FoMO (Fear of Missing Out). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan FoMO pada remaja akhir di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Kriteria subjek penelitian ini yaitu berusia 18-21 tahun, memiliki sosial media dan berdomisili di Yogyakarta. Jumlah subjek penelitian sebesar 440 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Alat pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala FoMO, Skala regulasi diri dan Skala dukungan sosial orang tua. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda pada penelitian ini menghasilkan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,05) dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 8,5%. Selain itu, nilai signifikansi (p) pada regulasi diri dan dukungan sosial orang tua terhadap FoMO secara parsial berada dibawah 0,05. Sedangkan sumbangan efektif regulasi diri sebesar 4% dan dukungan sosial orang tua sebesar 6,7%. Hasil penelitian ini selaras dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, bahwa terdapat hubungan negatif secara simultan dan parsial antara regulasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan FoMO pada remaja akhir di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fitriana Widyastuti S.Psi.,M.Psi.
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial orang tua, FoMO, regulasi diri, remaja akhir
Subjects: Psikologi > Psikologi Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 13:54
Last Modified: 22 Sep 2022 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53130

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum