PENGARUH MENONTON TAYANGAN FILM LASKAR PELANGI DAN FILM SANG PEMIMPI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA IT BAITUSSALAM YOGYAKARTA

Muhamad Azis Darmawan, NIM.: 17107010123 (2022) PENGARUH MENONTON TAYANGAN FILM LASKAR PELANGI DAN FILM SANG PEMIMPI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA IT BAITUSSALAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON TAYANGAN FILM LASKAR PELANGI DAN FILM SANG PEMIMPI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA IT BAITUSSALAM YOGYAKARTA)
17107010123_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENONTON TAYANGAN FILM LASKAR PELANGI DAN FILM SANG PEMIMPI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA IT BAITUSSALAM YOGYAKARTA)
17107010123_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh film Laskar Pelangi dan film Sang Pemimpi terhadap Motivasi Belajar dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya pada siswa SMA IT Baitussalam Yogyakarta. Hipotesis peneitian ini adalah terjadi interaksi secara signifikan antara Kelompok, Gender, dan Motivasi Belajar (selama masa perlakuan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan desain penelitian Multiple Comparison Procedure for Comparing Several Treatments with a Control. Desain penelitian ini dipilih karena ingin membandingkan perlakuan pada masing-masing kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Bayesian Repeated Measures ANOVA. Hasil dari analisis yang telah dilakukan, secara keseluruhan aspek dalam Motivasi Belajar, diketahui bahwa pada model Waktu, model Waktu + Perlakuan, model Waktu + Gender dan model Waktu + Perlakuan + Gender tidak ada yang mempunyai nilai BF10 > 20. Ini berarti bahwa umtuk keseluruhan aspek dalam motivasi belajar tidak mempunyai pengaruh atau peningkatan yang signifikan. Kemudian, analisis dilanjutkan menggunakan uji Bayesian Repeated Measures ANOVA per aspek motivasi belajar. Dari setiap aspek dalam motivasi belajar, model Waktu + Perlakuan + Gender memberikan pengaruh pada Aspek Cara Memandang Tugas (Task Value) dengan nilai BF10 : 60.238 (BF = 20-150 : Bukti yang kuat atau signifikan). Hal ini berarti bahwa setiap kali Subjek dilakukan penilaian pada Pre-Test, Post-Test1 dan Post-Test2, dengan melibatkan Perlakuan antara Kelompok Eksperimen 1 (menonton film saja), Kelompok Eksperimen 2 (menonton film + diskusi) dan Kelompok Kontrol (tidak menonton film) dan dengan melibatkan Gender antara Laki-laki dan Perempuan, untuk Aspek Cara Memandang Tugas (Task Value) dalam Motivasi Belajar didapati terjadi pengaruh atau peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pemimbing : Very Julianto, S. Psi. M. Psi., Psikolog.
Uncontrolled Keywords: Film, Motivasi Belajar, Siswa SMA
Subjects: Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 13:54
Last Modified: 22 Sep 2022 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53132

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum