EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ACCEPTANCE SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA

Ata Luthfa Af Idati, NIM.: 18102020022 (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ACCEPTANCE SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ACCEPTANCE SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA)
18102020022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ACCEPTANCE SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA)
18102020022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak hingga dewasa yang akan mengalami perubahan baik secara emosi, tubuh, minat dan perilaku. Dengan adanya perubahan yang dialami, membuat remaja mengalami banyak permasalahan. Peneliti menemukan fenomena tampak pada remaja zaman sekarang yang menunjukkan rendahnya self acceptance yang dimilikinya yaitu kurang percaya diri, kurang bersyukur, sering insecure, merasa tidak lebih dari yang lain dan merasa tidak berhasil serta putus asa ketika apa yang diperoleh tidak sesuai dengan harapannya. Fenomena tersebut tampak pada remaja ketika berada di lingkungan sosialnya. Dalam rangka meningkatkan self acceptance pada remaja khususnya siswa di sekolah, maka diberikan layanan bimbingan kelompok agar siswa memiliki nilai self acceptance lebih tinggi guna lebih sukses dalam menjalani kehidupannya untuk menggapai masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self acceptance pada siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen menggunakan the one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala self acceptance. Analisis data menggunakan paired sample T-test dengan bantuan program IBM SPSS 24.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menyatakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima yang dibuktikan dengan adanya perubahan dari skor rata-rata pretest 102,6333 dengan skor rata-rata posttest 104,4667 dan adanya nilai paired T-test sebesar 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan self acceptance pada siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan, Self Acceptance, Bimbingan Kelompok
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 10:24
Last Modified: 19 Sep 2022 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53155

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum