METODE BIMBINGAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH PECANDU NARKOBA DI JOGJA CARE HOUSE YOGYAKARTA

Annis Sinta Nugraheni, NIM.: 18102020049 (2022) METODE BIMBINGAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH PECANDU NARKOBA DI JOGJA CARE HOUSE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE BIMBINGAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH PECANDU NARKOBA DI JOGJA CARE HOUSE YOGYAKARTA)
18102020049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (METODE BIMBINGAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH PECANDU NARKOBA DI JOGJA CARE HOUSE YOGYAKARTA)
18102020049__BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya angka pengguna narkoba di Indonesia mencapai 3.419.188 orang per tahun 2021 dibuktikan oleh hasil survei yang dilakukan oleh BNN dan LIPI. Salah satu dampak penyalahgunaan narkoba yaitu turunnya tingkat kesadaran dan kepercayaan kepada Tuhan. Tingkat kepercayaan yang menurun dapat mempengaruhi pola pikir seorang pecandu narkoba sehingga menimbulkan motivasi ibadahnya menurun. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi ibadah pecandu narkoba yaitu dengan adanya layanan bimbingan spiritual di tempat rehabilitasi. Jogja Care House adalah salah satu lembaga rehabilitasi swasta yang menyediakan layanan bimbingan spiritual tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dkumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengasuh sekaligus ketua tempat rehabilitasi, ustadz, dan 3 warga binaan rehabilitasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan metode pelaksanaan bimbingan spiritual untuk meningkatkan motivasi beribadah para pecandu narkoba di Jogja Care House Yogyakarta. Hasil menunjukan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan spiritual dapat meningkat dengan empat metode pelaksanaan bimbingan spiritual yaitu : metode diskusi, metode tadabur alam, metode meditasi dan metode ceramah. Metode diskusi yaitu metode yang pelaksanaanya dipimpin oleh seorang instruktur dengan pemberian sub materi untu diperbicangkan. Metode tadabur alam yaitu metode yang dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat kebesaran dan kekuasaan Tuhan secara langsung. Motede meditasi yaitu metode yang dilaksanakan dengan cara memfokuskan diri agar dapat memahami dan mengenali diri. Dan yang terakhir metode ceramah yaitu metode yang mengandung dua unsur nasihat dan peringatan dengan pembawaan yang baik serta sopan santun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anggi Jatmiko, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Spiritual, Motivasi, Ibadah, Pecandu Narkoba
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikotropika - Narkotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 10:40
Last Modified: 19 Sep 2022 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53160

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum