INDUSTRI MIKRO KERIPIK KLOTHAK UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA BATUR: STUDI TENTANG PERKEMBANGAN DAN ETIKA BISNIS

Aditya Agung Pratama, NIM.: 18102030016 (2022) INDUSTRI MIKRO KERIPIK KLOTHAK UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA BATUR: STUDI TENTANG PERKEMBANGAN DAN ETIKA BISNIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INDUSTRI MIKRO KERIPIK KLOTHAK UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA BATUR: STUDI TENTANG PERKEMBANGAN DAN ETIKA BISNIS)
18102030016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INDUSTRI MIKRO KERIPIK KLOTHAK UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA BATUR: STUDI TENTANG PERKEMBANGAN DAN ETIKA BISNIS)
18102030016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Desa Batur yang terletak dibawah kaki bukit Petarangan Banjarnegara memiliki salah satu kreasi industri rumah tangga yang bernama keripik klothak. Kripik klothak yang berasal dari coba-coba kini telah menjadi industri mikro andalan Desa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana tumbuh dan bekembangnya usaha industri rumah tangga keripik klothak (2) mengetahui bagaimana etika bisnis pengusaha keripik klothak dalam dalam proses mengembangkan usaha keripik klothak sehingga dapat memberdayakan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah oberservasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah keripik klothak telah ada selama 26 tahun, yang digagas oleh Bu Atun Warga Dusun Krajan, Desa Batur. Proses perkembangan keripik klothak terus berlanjut dikarenakan para pengusaha keripik klothak, menerapkan etika dalam menjalankan bisnisnya. Dengan menerapkan beberapa nilai etika bisnis seperti kejujuran, menjaga kepercayaan, tanggung jawab, keberanian moral, fairness, realistik kritis, rendah hati, hormat pada diri sendiri dan diri-diri lain serta peduli, pengusaha industri klotak dapat bertahan, bahkan berkembang melalui etika bisnis yang diterapkan dalam usahanya. Perkembangan industri ini secara langsung berdampak pada pemberdayaan masyarakat, utamanya pada peningkatan pendapatan keluarga yang dengan itu mereka dapat memperbaiki kualitas hidup secara umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Industri Keripik, Etika Bisnis, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: Akhlak - Etika
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 11:21
Last Modified: 19 Sep 2022 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53169

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum