IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMBERDAYAAN KESEHATAN MASYARAKAT: STUDI PROGRAM AGEN KESEHATAN DI DUSUN GERSELO DESA PATALAN JETIS BANTUL YOGYAKARTA

Asyfa ‘Inayatul Faizah, NIM.: 18102030025 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMBERDAYAAN KESEHATAN MASYARAKAT: STUDI PROGRAM AGEN KESEHATAN DI DUSUN GERSELO DESA PATALAN JETIS BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMBERDAYAAN KESEHATAN MASYARAKAT: STUDI PROGRAM AGEN KESEHATAN DI DUSUN GERSELO DESA PATALAN JETIS BANTUL YOGYAKARTA)
18102030025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMBERDAYAAN KESEHATAN MASYARAKAT: STUDI PROGRAM AGEN KESEHATAN DI DUSUN GERSELO DESA PATALAN JETIS BANTUL YOGYAKARTA)
18102030025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan di Indonesia masih menjadi persoalan rumit, ditambah dengan adanya pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia menjadikan tingkat kemiskinan semakin meningkat, kemiskinan sendiri akan berdampak terhadap berbagai sektor kehidupan, salah satunya adalah sektor kesehatan, masyarakat berpenghasilan kecil memiliki kemungkinan besar rentan terhadap penyakit, dikarenakan banyaknya kebutuhan hidup sehingga alokasi biaya kesehatan untuk dirinya sendiri maupun keluarganya akan berkurang, Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program bantuan pemerintah yang berkesinambungan antara kesehatan dan kesejahteraan sosial. PKH Kapanewon Jetis Bantul Yogyakarta memiliki program bernama agen kesehatan, dimana program tersebut bertujuan untuk memudahkan para KPM mendapatkan pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi Program Agen kesehatan dalam pemberdayaan kesehatan masyarakat, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program agen kesehatan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya penentuan informan menggunakan teknik purposive dengan menentukan kriteria informan. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Temuan hasil dilapangan bahwa proses implementasi program agen kesehatan melalui 3 tahapan yaitu: tahap koordinasi, tahap sosialisasi, dan tahap pelaksanaan, sedangkan faktor pendukung program agen kesehatan adalah informasi dan sosialisasi yang jelas, konsistensi pelaksanaan program, fasilitas dan kesadaran yang tinggi. Sedangkan faktor penghambat program agen kesehatan adalah adanya rasa takut, alat cek yang jumlahnya dinilai kurang dan sdm yang kurang profesinonal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Kesehatan, Program Keluarga Harapan (PKH), Program Agen Kesehatan
Subjects: Keluarga Sejahtera
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 11:24
Last Modified: 19 Sep 2022 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum