DAMP AK PENGUMUMAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KEGIATAN PERDAGANGAN SAHAM (STUDI P ADA JAKARTA ISLAMIC INDEX)

Miftakhul Jannah, NIM. 02381415 (2006) DAMP AK PENGUMUMAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KEGIATAN PERDAGANGAN SAHAM (STUDI P ADA JAKARTA ISLAMIC INDEX). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMP AK PENGUMUMAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KEGIATAN PERDAGANGAN SAHAM (STUDI P ADA JAKARTA ISLAMIC INDEX))
02391219_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAMP AK PENGUMUMAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KEGIATAN PERDAGANGAN SAHAM (STUDI P ADA JAKARTA ISLAMIC INDEX))
02391219_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Informasi kuantitatif yang bersifat keuangan merupakan sumber informasi dalam pengelolaan suatu perusahaan. Diharapkan akan mengurangi faktor-faktor ketidak pastian di masa yang akan datang. Sehingga pelaku pasar modal akan mengelola informasi publikasi laporan keuangan yang tercermin dalam harga sekuritas perusahaan. Hal ini konsisten dengan hipotesis pasar modal efisien yang bereaksi secara cepat atas informasi yang relevan. Namun demikian, kebijakan BAPEP AM dan BEJ yang menetapkan publikasi laporan keuangan paling lambat 120 hari setelah tutup buku secara tidak langsung mengakibatkan laporan keuangan menjadi 'kadaluwarsa' bagi investor. Sela.in itu, selama ini muncul persepsi yang mengatakan bahwa laporan keuangan tidak memberikan informasi yang cukup relevan, terkait dengan independensi akuntan publik di mata investor yang dianggap kurang berperan. Studi ini akan menguji bagaimana perbedaan akt1fitas volume perdagangan saham sebelum pengumuman laporan keuangan dengan setelah pengumuman. Selanjutnya, akan menguj i bagaimana perbedaan aktifitas volume perdagangan saham sekitar pengumuman laporan keuangan dengan aktifitas di luar pengumuman. Variabel yang diamati dalam kaitannya dengan pengumuman laporan keuangan adalah aktifitas volume perdagangan (trading volume activity) karena pengujian terhadap aktifitas volume perdagangan saham memiliki kelebihan dibanding pada perubahan harga. Pertama, ketika pasar dalam kondisi inefisiensi, harga sekuritas belum mencerminkan informasi publik. Kedua, dari basil pengujian efisiensi bentuk setengah kuat, dampak dari suatu event terhadap pembentukan harga masih belum memuaskan. Pengamatan dilakukan pada saham-saham yang berbasis syariah dan tergabung dengan Jakarta Islamic Index karena penelitian pada Jakarta Islamic Index merupakan tolak ukur untuk mengukur kinerja investasi pada saham­saham berbasis syariah. Selain itu, saham-saham yang tergabung di Jakarta Islamic Index tergolong cukup aktif, sehingga dapat menghindari sleeping stock dalam sampel. Dengan metode purposive sampling, 12 emiten terpilih untuk dijadikan sampel. Periode estimasi studi ini dilakukan 30 hari perdagangan sebelum periode pengumuman. Periode jendela studi ini dilakukan 11 hari perdagangan yang terdiri dari 5 hari bursa sebelum publikasi (H-5), pada saat publikasi (H==O) dan 5 hari bursa setelah publikasi (H+5). Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk tahun buku 2002, pengumuman laporan keuangan telah diantisipasi oleh investor. Namun, perdagangan itu tidak beda dengan perdagangan di hari biasa. Sementara pengumuman laporan keuangan tahun buku 2003 dan 2004 tidak dipergunakan investor dalam kegiatan perdagangan saham di lantai bursa. Hasil empiris pada tahun itu menunjukan aktifitas perdagangan sebelum pengumuman relatif sama dengan aktifitas perdagangan setelah pengumuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. DRS. IBNU QIZAM , SE., Akt., M.SI
Uncontrolled Keywords: Perdagangan Saham, Islamic Index)
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Sep 2022 13:58
Last Modified: 19 Sep 2022 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum