STRATEGI SOLIDARITAS PEREMPUAN KINASIH DALAM PENGUATAN PENGORGANISASIAN PEREMPUAN AKAR RUMPUT STUDI KASUS PADA KELOMPOK TANI PEREMPUAN KARISMA KULON PROGO

Astri Novita, NIM.: 18102030039 (2022) STRATEGI SOLIDARITAS PEREMPUAN KINASIH DALAM PENGUATAN PENGORGANISASIAN PEREMPUAN AKAR RUMPUT STUDI KASUS PADA KELOMPOK TANI PEREMPUAN KARISMA KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI SOLIDARITAS PEREMPUAN KINASIH DALAM PENGUATAN PENGORGANISASIAN PEREMPUAN AKAR RUMPUT STUDI KASUS PADA KELOMPOK TANI PEREMPUAN KARISMA KULON PROGO)
18102030039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI SOLIDARITAS PEREMPUAN KINASIH DALAM PENGUATAN PENGORGANISASIAN PEREMPUAN AKAR RUMPUT STUDI KASUS PADA KELOMPOK TANI PEREMPUAN KARISMA KULON PROGO)
18102030039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

rakat melalui penguatan kapasitas yang akan mewujudkan sebuah aksi sosial dan berdampak pada perubahan di masyarakat. Hakikat pemberdayaan esensinya harus bisa dirasakan oleh seluruh masyatakat tanpa terkecuali, termasuk perempuan akar rumput maupun kelompok rentan atau marginal lainnya. Untuk itu, diperlukan sinergi dari berbagai organisasi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ataupun komunitas yang berfokus memberdayakan perempuan akar rumput. Salah satu komunitas di Yogyakarta yang memiliki perhatian serupa adalah SP Kinasih. Salah satu wilayah dampingan SP Kinasih adalah kelompok tani perempuan yang diberi nama ‘Karisma’ yang berlokasi di Kulon Progo. SP Kinasihh menggunakan strategi pengorganisasian dalam memberdayakan Karisma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokementasi yang mengasilkan fakta terkait tantangan yang dihadapi SP Kinasih dalam melakukan pengorganisasian di Karisma, di antaranya; terjadinya penyebaran pandemi covid-19, belum sulitnya merubah pola pertanian kimiawi menjadi lestari, serta minimnya SDM yang mau bergerak di bidang pengorganisasian. Kemudian hambatan eksternal lainnya tidak adanya regulasi yang jelas terkait pola pertanian lestari dari pemerintah. Fakta berikutnya yang penulis dapatkan dari hasil penelitian adalah strategi pengorganisasian yang dijalankan SP Kinasih terhadap Karisma, yakni melalui Home Visit, peningkatan kapasitas dan pertemuan rutin diskusi kampung. Karisma juga memiliki 2 program unggulan demi mencapai tujuan pengorganisasian; Diskusi Kampung untuk pengembangan politik internal dan Diskusi antar Kampung untuk pengembangan politik eksternal, selaras dengan teori pemberdayaan dari Jim Ife yang mendeskripsikan fungsi pengorganisasian sebagai pengembangan politik. Penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi langsung di lapangan. Rentang waktu dalam melakukan penelitian ini dimulai pada bulan Oktober 2021 hingga bulan Juli 2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Masyarakat, Pengorganisasian, Perempuan Akar Rumput
Subjects: Gender
Organisasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 13:34
Last Modified: 19 Sep 2022 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum