PENDIDIKAN ANAK JALANAN OLEH KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL (KSM) KLEDOKAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

Fadhilla Ayu Ramadani, NIM.: 18102030044 (2022) PENDIDIKAN ANAK JALANAN OLEH KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL (KSM) KLEDOKAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ANAK JALANAN OLEH KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL (KSM) KLEDOKAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
18102030044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ANAK JALANAN OLEH KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL (KSM) KLEDOKAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
18102030044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dari banyaknya hak warga negara, hak pendidikan merupakan salah satu hak yang harus terpenuhi tak terkecuali anak jalanan. Namun pemenuhan hak pendidikan khususnya untuk anak jalanan masih lah sangat minim, banyak sekali anak jalanan yang belum mendapatkan pendidikan yang layak karena kurangnya perhatian baik dari pemerintah. Di Yogyakarta sendiri pendidikan untuk anak jalanan masih sangat sedikit sekali, maka dari itu KSM sebagai sebuah komunitas yang memiliki fokus akan pendidikan anak jalanan membantu pemerintah untuk memberikan pelayanan pendidikan anak jalanan yang layak. Oleh karenanya, berbagai proses, hambatan serta hasil pembelajaran yang dilakukan KSM untuk memberikan layanan pendidikan yang layak untuk anak jalanan sangat penting untuk diketahui. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menjawab proses, hambatan serta hasil pembelajaran yang dilakukan oleh KSM dalam upaya pemenuhan hak pendidikan anak jalanan. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara untuk uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KSM melalukan pemenuhan pendidikan anak jalanan melalui program sekolah marjinal. Untuk proses perumusan program sendiri KSM menggunakan sistem observasi dan kualifikasi. Hambatan yang dialami oleh KSM sendiri berasal dari internal KSM yaitu perbedaan pendapat dan juga eksternal KSM itu sendiri kurang sadar akan pentingnya pendidikan baik dari peserta didik ataupun orang tua. Hasil dari adanya program ini anak anak mampu untuk mengenal huruf,berhitung dan juga membaca yang dituliskan dalam sebuah laporan semester atau rapor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra.Siti Syamsyatun, M.A., Ph. D.
Uncontrolled Keywords: Hak Pendidikan, Anak Jalanan, Sekolah Nonformal, Komunitas.
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Sosial, Gerakan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 13:37
Last Modified: 19 Sep 2022 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum