GO ORGANIK: STRATEGI CV TANI ORGANIK MERAPI (TOM) DALAM MEMBERDAYAKAN PETANI DI DUSUN BALANGAN, WUKIRSARI, CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

Eka Desi Susanti, NIM.: 18102030050 (2022) GO ORGANIK: STRATEGI CV TANI ORGANIK MERAPI (TOM) DALAM MEMBERDAYAKAN PETANI DI DUSUN BALANGAN, WUKIRSARI, CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GO ORGANIK: STRATEGI CV TANI ORGANIK MERAPI (TOM) DALAM MEMBERDAYAKAN PETANI DI DUSUN BALANGAN, WUKIRSARI, CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
18102030050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (GO ORGANIK: STRATEGI CV TANI ORGANIK MERAPI (TOM) DALAM MEMBERDAYAKAN PETANI DI DUSUN BALANGAN, WUKIRSARI, CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
18102030050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam dan termasuk ke dalam negara agraris terbesar yang menjadikan pertanian sebagai salah satu basis perekonomian nasional. Namun menurut data Badan Pusat Statistik mengenai persentase penduduk miskin dipaparkan bahwa pertanian merupakan sektor paling banyak menyumbang angka kemiskinan. Hal ini irono sehingga diperlukan program pemberdayaan untuk mengatasi persolan kemiskinan di sektor pertanian. CV Tani Organik Merapi (TOM) merupakan salah satu lembaga yang mencoba memberdayakan petani melalui pertanian organik di Dusun Balangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan hasil pemberdayaan yang dilakukan CV TOM dalam memberdayakan petani melalui program Go Organik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat dekriptif analitis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun penentuan informan menggunakan snowball yang dipadukan dengan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh CV Tani Organik Merapi (TOM), yaitu (1) memberikan penyadaran keuntungan menjadi petani, (2) memberikan keterampilan, (3) memberi daya kekuatan, (4) menjalin kemitraan dengan membeli produk tani, (5) membangun jejaring pasar, (6) monitoring dan evaluasi terhadap usaha petani, dan (7) mempekerjakan petani sebagai ahli. Kedua, adapun hasil dari pemberdayaan adalah peningkatan pendapatan dan pemenuhan kebutuhan dasar petani, munculnya kesadaran menjaga kelestarian lingkungan, sebagai fasilitator, memiliki rasa bangga menjadi petani. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pertanian organik dapat membuat sektor pertanian semakin menguntungkan bagi petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Hasil Pemberdayaan, Pertanian Organik, Pemberdayaan Petani
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 13:43
Last Modified: 19 Sep 2022 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53181

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum