PENERAPAN METODE HOME VISIT DALAM PENDAMPINGAN ANAK JALANAN DI LSM RUMAH SINGGAH AHMAD DAHLAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Siti Masitoh, NIM.: 18102030053 (2022) PENERAPAN METODE HOME VISIT DALAM PENDAMPINGAN ANAK JALANAN DI LSM RUMAH SINGGAH AHMAD DAHLAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE HOME VISIT DALAM PENDAMPINGAN ANAK JALANAN DI LSM RUMAH SINGGAH AHMAD DAHLAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18102030053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE HOME VISIT DALAM PENDAMPINGAN ANAK JALANAN DI LSM RUMAH SINGGAH AHMAD DAHLAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18102030053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena banyaknya anak jalanan di Kota Yogyakarta mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat peduli anak jalanan yang ditandai dengan munculnya komunitas dan Rumah Sosial Perlindungan Anak (RSPA) atau Rumah Singgah yang memiliki tujuan yang sama yaitu membina anak jalanan agar mendapatkan haknya, yaitu hak mendapatkan pendidikan, kesehatan dan kasih sayang. Rumah Singgah Ahmad Dahlan Yogyakarta (RSAD) merupakan salah satu Rumah Singgah yang aktif membina anak jalanan di kota Yogyakarta. Setelah adanya kebijakan reintegrasi anak jalanan pada tahun 2016 berpengaruh terhadap bentuk kegiatan pendampingan yang sebelumnya dilaksanakan di Rumah Singgah. Dengan adanya kebijakan tersebut maka bentuk kegiatan pendampingan dengan metode home visit atau kunjungan rumah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk menjawab proses penerapan metode home visit dan faktor pendukung serta penghambat dalam pendampingan anak jalanan yang dilaksanakan oleh pendamping Rumah Singgah Ahmad Dahlan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ini berjumlah 11 orang yang terdiri dari 4 orang pendamping, 4 orang anak jalanan, dan 3 orang tua anak jalanan. Hasil penelitian ini adalah proses pendampingan anak jalanan dengan metode home visit melalui beberapa tahapan diawali dengan adanya perencanaan yaitu koordinasi antara pendamping untuk menentukan jadwal kunjungan rumah dan data anak jalanan, pelaksanaan kunjungan rumah dengan cara melakukan komunikasi dengan orangtua anak jalanan untuk validasi alamat rumah dan memastikan kesiapan orangtua menerima kedatangan pendamping. Dilaksanakan 2 minggu sekali dengan lama pendampingan selama 2 jam, pelaporan secara lisan dan melalui whatsapp dengan membuat catatan dan dokumentasi, dan evaluasi yang dilaksanakan pada akhir bulan yang meliputi evaluasi program dan hasil. Adapun program pendampingan yang dilaksanakan berupa pendampingan belajar, pendampingan kesehatan, pemberian bantuan dan assesment keluarga anak jalanan. Penelitian menemukan hambatan yang dihadapi pendamping diantaranya adalah kurangnya dukungan dari orangtua anak jalanan, kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), agenda yang tidak sesuai dengan pelaksanaan, kondisi suasana hati anak yang sering berubah, dan kesibukan pendamping serta faktor pendukung adalah kesabaran pendamping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra.Hj.Siti Syamsyiatun,M.A,.Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pendampingan, Home Visit, Anak Jalanan
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 13:45
Last Modified: 19 Sep 2022 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum