PERSPEKTIF SOLIDARITAS SOSIAL KREMUN MERAPI DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI IKATAN KOMUNITAS DI DESA SENGI

M Frendis Priatama, NIM.: 18102030055 (2022) PERSPEKTIF SOLIDARITAS SOSIAL KREMUN MERAPI DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI IKATAN KOMUNITAS DI DESA SENGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSPEKTIF SOLIDARITAS SOSIAL KREMUN MERAPI DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI IKATAN KOMUNITAS DI DESA SENGI)
18102030055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PERSPEKTIF SOLIDARITAS SOSIAL KREMUN MERAPI DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI IKATAN KOMUNITAS DI DESA SENGI)
18102030055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Pelestarian lingkungan merupakan langkah untuk melestarikan kehidupan secara berkelanjutan. Pelestarian lingkungan di Desa Sengi adalah salah satu bukti empiris dalam mewujudkan keberlanjutan hidup manusia dengan alam. Pelestarian lingkungan di Desa Sengi telah menunjukkan fakta adanya kesadaran kepedulian terhadap alam. Akan tetapi, penghargaan terhadap lingkungan masih terjebak dalam kesadaraan individual. Berdasarkan fakta tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep dan bentuk solidaritas sosial Kremun Merapi dalam pelestarian lingkungan melalui ikatan komunitas di Desa Sengi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang berupaya untuk menjelaskan makna pengalaman hidup sejumlah orang tentang suatu konsep atau gejala, termasuk didalamnya konsep diri atau pandangan hidup mereka sendiri. Peneliti mengumpulkan data dengan prosedur observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep solidaritas Kremun Merapi dalam pelestarian lingkungan ini menggunakan konsep solidaritas sosial yang dipahami oleh masyarakat sebagai salah satu bentuk untuk menghargai lingkungan sekitar dengan respect kepedulian terhadap alam dan keberlanjutan hidup berbasis kesadaran tentang mitigasi bencana. Kegiatan-kegiatan ini berupa penghijauan hutan, pembibitan tanaman konservasi, dan konservasi ekosistem hutan dan sumber mata air. Masyarakat lokal mengimplementasikan bentuk solidaritas sosial dalam ikatan komunitas. Ikatan komunitas tersebut terdiri dari: pertama, kerja bakti dalam bentuk kegiatan penghijauan dan pembibitan; kedua, musyawarah warga dalam bentuk perencanaan dan pelaksanaan konservasi lingkungan; ketiga, terbentuknya kelompok kelompok konservasi sebagai support system pelestarian lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Izudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial, Pelestarian Lingkungan, Ikatan Komunitas, Kremun Merapi, Desa Sengi
Subjects: Organisasi Masyarakat
Sosial, Gerakan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 13:48
Last Modified: 19 Sep 2022 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum