PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI: PERAN KELOMPOK WANITA TANI “SRIKANDI MRICAN” DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA DI PADUKUHAN MRICAN, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Dewi Rohaeni, NIM.: 18102030061 (2022) PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI: PERAN KELOMPOK WANITA TANI “SRIKANDI MRICAN” DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA DI PADUKUHAN MRICAN, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI: PERAN KELOMPOK WANITA TANI “SRIKANDI MRICAN” DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA DI PADUKUHAN MRICAN, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
18102030061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI: PERAN KELOMPOK WANITA TANI “SRIKANDI MRICAN” DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA DI PADUKUHAN MRICAN, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
18102030061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara tropis dengan sinar matahari yang cukup dan tanah yang subur sehingga potensial menjadi daerah pertanian yang baik.. Namun berdasarkan data statistik dan survei angkatan kerja terjadi tanda-tanda krisis pangan mulai dari jumlah petani dan lahan yang menurun. Salah upaya dalam meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga yaitu melalui pemenuhan gizi dan pengurangan kompetisi pangan yang dapat dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan rumah dalam Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Program ini telah dilaksanakan oleh kelompok wanita tani (KWT) Srikandi, yang terletak di Padukuhan Mrican. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran serta hasil KWT Srikandi dalam meningkatkan ketahanan pangan melalui Program Kawasan Rumah Pangan Lestari ( KRPL). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun penentuan informan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, peran KWT Srikandi dalam meningkatkan ketahanan pangan yaitu: (1) Meningkatkan keterampilan, KWT Srikandi memberikan edukasi kepada anggota berupa pelatihan dan kegiatan pertanian, yaitu melalukan pengembangan demplot, Pengembangan bibit, pengembangan pekarangan. (2) penguatan lembaga, KWT Srikandi menggunakan 2 cara, yaitu secara internal maupun eksternal. Secara internal KWT menjadi tempat untuk memperkuat kerjasama antar lembaga baik untuk sesama poktan (kelompok tani), dan antar poktan. Dan secara eksternal KWT bekerjasama dengan lembaga, institusi dan jaringan-jaringan terkait untuk melakukan inovasi dan membangun sinergitas dalam berbagai bimbingan seperti memberikan pelatihan dan memberikan fasilitas. (3) peningkatan produktivitas, produksi hasil pertanian yang diolah oleh anggota untuk usaha tani yang dapat diinovasikan dan dikembangkan sebagai produksi yang berkelanjutan. Kedua, adapun hasil yang dari peran KWT dalam meningkatkan ketahanan pangan keluarga melalui program KRPL adalah Penghematan pengeluaran rumah tangga, Pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi dari hasil pertanian, Peningkatan Jumlah Produksi Yang Dijual Oleh Hasil Tanaman KRPL, Peningkatan partisipasi rumah tangga yang melaksanakan KRPL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kelompok Wanita Tani, Ketahanan Pangan, Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)
Subjects: Gender
Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 13:53
Last Modified: 19 Sep 2022 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53185

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum