PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERKELANJUTAN MELALUI KOMUNITAS GELANGPROJO STUDI DESA WISATA NGLINGGO, KABUPATEN KULON PROGO

Dela Ayu Puspita Dewi, NIM.: 18102030062 (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERKELANJUTAN MELALUI KOMUNITAS GELANGPROJO STUDI DESA WISATA NGLINGGO, KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERKELANJUTAN MELALUI KOMUNITAS GELANGPROJO STUDI DESA WISATA NGLINGGO, KABUPATEN KULON PROGO)
18102030062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERKELANJUTAN MELALUI KOMUNITAS GELANGPROJO STUDI DESA WISATA NGLINGGO, KABUPATEN KULON PROGO)
18102030062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan adalah upaya untuk mendayakan yang lemah menjadi kuat, yang miskin menjadi sejahtera, yang masih bergantung menjadi mandiri. Penelitian ini bertajuk ”Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan Melalui Komunitas Gelangprojo Studi Desa Wisata Nglinggo, Kabupaten Kulon Progo”. Komunitas Gelangprojo merupakan kepanjangan dari Magelang, Kulon Progo dan Purworejo. Pemberdayaan yang dilakukan oleh Komunitas Gelangprojo di Desa Wisata Nglinggo dilakukan secara swadaya, langsung dilakukan oleh masyarakat secara mandiri tanpa bergantung pada bantuan pemerintah dan menarik para investor untuk melakukan investasi di wilayah Gelangprojo. Salah satu obyek wisata yang dikembangkan bersama investor dan masyrakat lokal antara lain adalah Tumpeng Menoreh dan Bukit Ngisis. Bukit Ngisis merupakan bagian dari Desa Wisata Nglinggo yang turut ikut dalam pengembangan wisata melalui Gelangprojo. Pengembangan dan pemberdayaan dilakukan pada masyarakat di wilayah yang dulunya terpencil bahkan untuk akses jalanpun sangat sulit. Selain itu pemberdayaan diimplementasikan dengan berorientasi pada keberlanjutan pada lingkungan, SDM dan kebudayaan masyarakat lokal. Penelitian yang berfokus pada upaya dan dampak dari pemberdayaan masyarakat berkelanjutan yang dilakukan oleh komunitas Gelangprojo di Desa Wisata Nglinggo, menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik penngumpulan data melalui observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat empat upaya pemberdayaan masyarakat berkelanjutan yaitu: upaya preventif, upaya preservatif, upaya kuratif dan upaya adaptasi. Proses pemberdayaan dilakukan dengan menggunakan pendekatan prinsip PRA (Partticipatory Rural Appraisal). Kemudian terdapat dua dampak dari pemberdayaan masyarakat berkelanjutan melalui komunitas Gelangprojo studi Desa Wisata Nglinggo terhadap bertambahnya lapangan pekerjaan yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positif yang terjadi antara lain adalah penyerapan tenaga kerja, peningkatan jumlah angkatan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat lokal. Dan dampak negatifnya adalah sulitnya kehadiran pemuda-pemudi dalam keadaan darurat seperti upacara kematian dan terjadinya pergeseran kebiasaaan masyarakat lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Berkelanjuta, Komunitas, Gelangprojo, Desa Wisata Nglinggo, Dampak, Lapangan Pekerjaan
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 13:55
Last Modified: 19 Sep 2022 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53186

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum