PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS ECOPRENEURSHIP DALAM MEWUJUDKAN GREEN ECONOMY (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA ECOPRINT JOGJA DI DESA BRONTOKUSUMAN)

Nurika Putfi Sekar Andonowari, NIM.: 18102030063 (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS ECOPRENEURSHIP DALAM MEWUJUDKAN GREEN ECONOMY (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA ECOPRINT JOGJA DI DESA BRONTOKUSUMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS ECOPRENEURSHIP DALAM MEWUJUDKAN GREEN ECONOMY (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA ECOPRINT JOGJA DI DESA BRONTOKUSUMAN))
18102030063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS ECOPRENEURSHIP DALAM MEWUJUDKAN GREEN ECONOMY (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA ECOPRINT JOGJA DI DESA BRONTOKUSUMAN))
18102030063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan masyarakat melalui ecopreneurship dalam mewujudkan green economy merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang mendukung kelestarian lingkungan, ekosistem dan kesejahteraan manusia. Pemberdayaan ini dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dan mengelola tanpa merusak lingkungan sekitar serta mengembangkan pontesi lokasi yang strategis dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan dampak dari pemberdayaan masyarakat melalui ecopreneurship dalam mewujudkan green economy di Ecoprint Jogja print. Metode penelitian yang digunakan adalah deskrptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diambil adalah data yang telah dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya proses pemberdayaan masyarakat melalui ecopreneurship dalam mewujudkan green economy di kelompok usaha Ecoprint Jogja print melalui tiga tahapan yaitu tahap penyadaran potensi diri dan potensi sumber daya alam, tahap pengkapasitasan anggota dan usaha, dan tahap pendayaan bagi anggota dan usaha. Dampak adanya pemberdayaan masyarakat ini adalah terbukanya lapangan pekerjaan bagi ibu-ibu warga Desa Brontokusuman sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, Selain itu muncul kepedulian terhadap lingkungan dengan gerakan menanam pohon dan pengelolaan daun sisa pembuatan kain Ecoprint. Kata kunci: Pemberdayaan masyarakat, Ecopreneurship, Green Economy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Ecopreneurship, Green Economy, Ecoprint Jogja Print.
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Sosial, Gerakan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 13:58
Last Modified: 19 Sep 2022 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53187

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum