STRATEGI ISLAMI DALAM PENGEMBANGAN USAHA PADA MASA KRISIS PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA HOME INDUSTRY SOUN DI DESA MANJUNG NGAWEN KLATEN)

Berlian Setyadi, NIM.: 18102030065 (2022) STRATEGI ISLAMI DALAM PENGEMBANGAN USAHA PADA MASA KRISIS PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA HOME INDUSTRY SOUN DI DESA MANJUNG NGAWEN KLATEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI ISLAMI DALAM PENGEMBANGAN USAHA PADA MASA KRISIS PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA HOME INDUSTRY SOUN DI DESA MANJUNG NGAWEN KLATEN))
18102030065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI ISLAMI DALAM PENGEMBANGAN USAHA PADA MASA KRISIS PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA HOME INDUSTRY SOUN DI DESA MANJUNG NGAWEN KLATEN))
18102030065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (38MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menciptakan krisis pada Desa Manjung khususnya home industry soun, sebagaimana belasan orang meninggal dunia, pelaku usaha dan karyawan sakit bergejala Covid-19, produksi berhenti dan omset berkurang, pembatasan sosial, tuntutan steril, perubahan kondisi konsumen permintaan menurun, soun menumpuk di gudang, tidak ada acara hajatan dan aturan warung makan juga kunjungan pasar, stok dan pengiriman bahan baku terhambat. Diperlukan upaya bertahan dan berkembang di saat tak menentu akibat krisis, sorotan dan fokus kepada strategi Islami yang dilakukan dalam pengembangan usaha soun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif mengenai strategi Islami yang dilakukan dalam pengembangan usaha di home industry soun pada masa krisis pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Desa Manjung Ngawen Klaten, tiga pemilik home industry soun, dan tiga karyawan dari masing-masing industri. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan membagi kategori UMKM kecil, sedang, dan besar berdasarkan jumlah pendapatan perhari, kemudian diambil satu karyawan. Teknik analisis data yang telah dihimpun dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Krisis pandemi Covid-19 melewati tahap prodromal, tahap akut, tahap kronis, resolusi yang ditangani dengan manajemen krisis yaitu peramalan krisis, pencegahan krisis, intervensi krisis. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat strategi yang dilakukan yaitu menjamin halal dan thoyyib pada usaha dan produk, membangkitkan motivasi dan menguatkan tekad, bertawakal kepada Allah ta’ala, melakukan pekerjaan yang dapat dikuasai, fokus terhadap pekerjaan dan usaha yang dijalani, mencari mitra, bersabar dan bertakwa, menjauhi riba dan gharar. Hasilnya menunjukkan home industry soun dapat bertahan pulih dan berkembang, menghadirkan ketenteraman keberkahan dan kebahagiaan, memenuhi nafkah keluarga, memenuhi hajat masyarakat, menjadi sarana ibadah, menolak kemungkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moch. Nur Ichwan, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Strategi Islami, Pengembangan Usaha, Home Industry, Pandemi Covid-19, Manajemen Krisis
Subjects: Covid-19
Wirausaha
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 14:01
Last Modified: 19 Sep 2022 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53188

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum