MANAJEMEN PENGELOLAAN DATA PENGEMBALIAN PELUNASAN BIAYA PERJALANAN IBADAH HAJI (Bipih) REGULER DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2021

Nur Wulandari Sunawir, NIM.: 18102040013 (2022) MANAJEMEN PENGELOLAAN DATA PENGEMBALIAN PELUNASAN BIAYA PERJALANAN IBADAH HAJI (Bipih) REGULER DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGELOLAAN DATA PENGEMBALIAN PELUNASAN BIAYA PERJALANAN IBADAH HAJI (Bipih) REGULER DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2021)
18102040013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGELOLAAN DATA PENGEMBALIAN PELUNASAN BIAYA PERJALANAN IBADAH HAJI (Bipih) REGULER DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2021)
18102040013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan ibadah haji tidak dilaksanakan pada tahun 2020-2021. Kementerian Agama RI kemudian membuat kebijakan baru dengan memperbolehkan jemaah haji yang sudah lunas pembayaran Bipih untuk mengambil kembali uang pelunasan tersebut dengan tidak menghilangkan nomor porsi bagi jemaah haji. Oleh karena itu, penelitian ini untuk mengetahui manajemen pengelolaan data pengembalian pelunasan biaya perjalanan haji reguler (Bipih) di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY tahun 2021. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori fungsi manajemen oleh Steppen P. Robbins dan Mary Coutler untuk melihat manajemen pengelolaan data pengembalian pelunasan Bipih di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata, dan semua yang telah dikumpulkan menjadi kunci terhadap apa yang sudah diteliti dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini uji keabsahan data menggunakan pendekatan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses manajemen pengelolaan data pengembalian pelunasan Bipih reguler di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY telah terlaksana dengan efisien dan efektif dibuktikan oleh penerapan fungsi-fungsi manajemen yang dilaksanakan secara maksimal. Proses manajemen pengelolaan data pengembalian BIPIH reguler dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen dimulai dari fungsi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. Fungsi-fungsi manajemen yang telah dilaksanakan dalam proses pengelolaan data pengembalian pelunasan BIPIH reguler oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY akan mempengaruhi kinerja karyawan ke depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nurmahni M. Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengeloaan Data, Pengembalian, Fungsi Manajemen, Bipih Reguler
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 08:25
Last Modified: 20 Sep 2022 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53202

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum