ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KEUANGAN PADA KSPPS “BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SABILUL MUHTADIN” BANTUL TAHUN 2021

Naja Nurmilah, NIM.: 18102040014 (2022) ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KEUANGAN PADA KSPPS “BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SABILUL MUHTADIN” BANTUL TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KEUANGAN PADA KSPPS “BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SABILUL MUHTADIN” BANTUL TAHUN 2021)
18102040014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KEUANGAN PADA KSPPS “BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SABILUL MUHTADIN” BANTUL TAHUN 2021)
18102040014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan dan pengendalian keuangan merupakan suatu hal mutlak yang harus dilakukan oleh sebuah unit usaha yang ingin survive dan sukses dalam jangka panjang. Proses ini harus dijalankan karena perusahan atau lembaga perlu untuk menjaga kelangsungan hidup dan mencapai tujuan yang telah dicanangkan sebelumnya. Selain itu penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perencanaan keuangan di KSPPS “Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Sabilul Muhtadin” Bantul tidak sesuai dengan relisasinya pada tahun 2021 yang berimbas pada neraca keuangan BMT dan kegiatan Operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi proses perencanaan dan pengendalian keuangan di KSPPS “Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Sabilul Muhtadin” Bantul secara komprehensif untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini juga merupakan penelitian deskriprif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan yaitu Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi perencanaan dan pengendalian keuangan pada KSPPS “BMT Sabilul Muhtadin” yang meliputi metode,tahapan, anggaran sebagai alat perencanaan dan pengendalian di KSPPS “BMT Sabilul Muhtadin” berjalan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan perencanaan di KSPPS “Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Sabilul Muhtadin” disusun dalam rapat tahunan oleh pengurus, pengawas dan pengelola BMT. Adapun dalam proses pengendaliannya dengan melakukan rapat evaluasi setiap bulannya. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hikmah Endraswati, SE, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pengendalian Keuangan, Baitul Maal wa Tamwil.
Subjects: Manajemen > Manajemen Perusahaan
Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 08:27
Last Modified: 20 Sep 2022 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum