MANAJEMEN KEARSIPAN DOKUMEN PENDAFTARAN CALON JEMAAH HAJI PADA SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021

Winda Tia Lestari, NIM.: 18102040017 (2022) MANAJEMEN KEARSIPAN DOKUMEN PENDAFTARAN CALON JEMAAH HAJI PADA SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEARSIPAN DOKUMEN PENDAFTARAN CALON JEMAAH HAJI PADA SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021)
18102040017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEARSIPAN DOKUMEN PENDAFTARAN CALON JEMAAH HAJI PADA SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021)
18102040017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat berhaji masyarakat muslim Indonesia yang sangat tinggi. Jumlah pendaftar haji yang terus bertambah berakibat pada masa tunggu keberangkatan yang semakin lama. Panjangnya daftar antrean ini menyebabkan terjadinya penumpukan arsip dokumen pendaftaran calon jemaah haji pada kantor-kantor Kementerian Agama, termasuk Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Ditambah lagi dengan peniadaan pemberangkatan jemaah haji Indonesia selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19, sehingga arsip dokumen pendaftaran calon jemaah haji semakin menumpuk. Penumpukan arsip-arsip tersebut jika tidak dikelola dengan sistem manajemen kearsipan yang baik bisa menyebabkan terjadinya kerusakan bahkan hilangnya arsip. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana manajemen kearsipan dokumen pendaftaran calon jemaah haji pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kearsipan dokumen pendaftaran calon jemaah haji pada seksi penyelenggaraan haji dan umrah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta telah melakukan fungsi manajemen berupa kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan kearsipan. Kegiatan perencanaan kearsipan meliputi perencanaan pengadaan fasilitas dan perencanaan pola klasifikasi arsip. Kegiatan pengorganisasian kearsipan meliputi pembagian tugas dan tanggungjawab pengelolaan arsip. Kegiatan pelaksanaan kearsipan meliputi kegiatan pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, dan pemeliharaan arsip. Kegiatan pengawasan kearsipan melalui monitoring pada saat rapat koordinasi serta pendampingan dan pemantauan dengan petugas kearsipan. Kegiatan kearsipan sudah berjalan dengan baik, namun Seksi PHU belum memiliki ruangan khusus untuk menyimpan arsip-arsip dokumen pendaftaran calon jemaah haji, sehingga lemari-lemari penyimpanan arsip masih diletakkan di lorong-lorong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munif Solihan, MPA
Uncontrolled Keywords: Kearsipan, Dokumen Pendaftaran Calon Jemaah Haji
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 08:33
Last Modified: 20 Sep 2022 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum