STRATEGI BAURAN PEMASARAN UMRAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH JEMAAH PADA PT. ALFA KAZA MUSTIKA (ALFA TOURS JOGJA)

Wira Kusuma, NIM.: 18102040043 (2022) STRATEGI BAURAN PEMASARAN UMRAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH JEMAAH PADA PT. ALFA KAZA MUSTIKA (ALFA TOURS JOGJA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BAURAN PEMASARAN UMRAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH JEMAAH PADA PT. ALFA KAZA MUSTIKA (ALFA TOURS JOGJA))
18102040043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BAURAN PEMASARAN UMRAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH JEMAAH PADA PT. ALFA KAZA MUSTIKA (ALFA TOURS JOGJA))
18102040043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya minat masyarakat dalam melaksanakan ibadah umrah, membuka peluang bisnis bagi pengusaha. Namun, tidak ada pembatasan jumlah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) membuat persaingan usaha pada bidang ini menjadi makin ketat. Tidak sedikit Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) menggunakan cara-cara yang tidak benar. Hal tersebut membuat kepercayaan jemaah semakin menurun serta selektif dalam memilih PPIU sebagai biro perjalanannya menjadi harap-harap cemas dan juga sempat tertundanya pemberangkatan umrah karena pandemi COVID-19 yang membuat masyarakat menjadi cemas, sehingga Penyelenggara Perjaanan Ibadah Umrah (PPIU) perlu merancang strategi pemasaran yang tepat agar jemaah dapat kembali yakin untuk memilih biro perjalanan umrah tersebut. Dalam menghadapi persaingan, sebuah biro perjalanan umrah perlu menerapkan strategi pemasaran yang dapat digunakan sebagai alat mencapai tujuan perusahaan. Salah satunya ialah bauran pemasaran yang merupakan sekumpulan alat pemasaran (marketing mix) yang bisa digunakan oleh setiap perusahaan termasuk PT. Alfa Kaza Mustika (Alfa Tours Jogja) untuk meraih tujuan pemasarannya dalam pasar sasaran. Bauran pemasaran adalah suatu cara penjual dalam memengaruhi konsumen yang dibutuhkan perencanaan dan pengawasan yang matang dengan melakukan kegiatan–kegiatan yang berkaitan dengan 7P product, price, place, promotion, people, physical evidence dan procces. Perusahaan dapat terbantu dalam mencapai tujuannya, apabila suatu perusahaan dapat merencanakan dan menggunakan marketing mix strategy dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh PT. Alfa Kaza Mustika (Alfa Tours Jogja). Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dan merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan dalam analisis data adalah analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PT. Alfa Kaza Mustika (Alfa Tours Jogja) belum optimal dalam menerapkan strategi bauran pemasaran, dari ketujuh unsur bauran pemasaran yang diterapkan terdapat enam unsur yang berjalan dengan optimal, yaitu produk, harga, promosi, orang, bukti fisik dan proses. Adapun unsur bauran pemasaran yang belum berjalan optimal terdapat pada unsur lokasi karena tidak terpenuhinya indikator konsumen mendatangi penyedia jasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. M. Thoriq Nurmadiansyah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Umroh, Pemasaran, Strategi Promosi
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 08:45
Last Modified: 20 Sep 2022 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53210

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum