MANAJEMEN KEGIATAN KHITABAH BAGI SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

Fildzah Nurin Asyifa, NIM.: 18102040068 (2022) MANAJEMEN KEGIATAN KHITABAH BAGI SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEGIATAN KHITABAH BAGI SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
18102040068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEGIATAN KHITABAH BAGI SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
18102040068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan manajemen dalam sebuah kegiatan pelatihan dakwah. Kegiatan khitabah di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Sleman, Yogyakarta dilaksanakan pada masing-masing kelas dengan pemandu dan penilai yang berbeda sebagai penanggung jawab pelaksanaan kegiatan khitabah yakni santri senior. Berbedanya penanggung jawab pelatihan membuat optimal tidaknya pelaksanaan kegiatan tergantung pada penanggung jawabnya. Kemudian kurang jelasnya pembagian jadwal bagi santri untuk tampil pada kegiatan khitabah. Sehingga dirasa perlu dilakukan penelitian terkait penerapan manajemen kegiatan khitabah. Penelitian ini membahas tentang penerapan manajemen kegiatan khitabah bagi santri putri di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Sleman, Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022 yang dirumuskan dalam teori fungsi manajemen pelatihan dakwah menurut L. Ribat yang terdiri dari merencanakan, merancang jadwal kerja, mengorganisasi, Menyusun pembagian tugas antar anggota tim, melaksanakan, mengendalikan, mengubah proses, membantu kesulitan teknis maupun non-teknis, dan melakukan evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik triangilasi sumber data melalui wawancara kepada Ustadzah pembina, panitia pelaksana, dan santri. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Sleman, Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022 telah menerapkan manajemen kegiatan khitabah bagi santri putri dengan baik. Hal tersebut dibuktikan oleh panitia pelaksana yakni IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) bidang KDI (Kajian Dakwah Islam) yang menerapkan seluruh proses manajemen pelatihan dakwah mulai dari merencanakan, merancang jadwal kerja, mengorganisasi, menyusun pembagian tugas, melaksanakan, mengendalikan, mengubah proses, membantu kesulitan teknis maupun non-teknis, sampai melakukan evaluasi. Dengan menerapkan manajemen pelatihan dakwah yang baik maka pelaksanaan kegiatan khitabah di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Sleman, Yogyakarta dapat terselenggara sesuai dengan tujuan manajemen pelatihan dakwah yaitu: terkelolanya upaya meningkatkan keterampilan, meningkatkan sikap, dan meningkatkan pengetahuan santri. Dan santri pun merasakan bahwa ada manfaat yang didapat dari mengikuti pelatihan muhadharah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Andy Dermawan, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Khitabah, Pondok Pesantren
Subjects: Manajemen Dakwah
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 10:43
Last Modified: 20 Sep 2022 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum