RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DISABILITAS DI MASA PANDEMI

Dwiga Aziz Himawan, NIM.: 18107010039 (2022) RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DISABILITAS DI MASA PANDEMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DISABILITAS DI MASA PANDEMI)
18107010039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DISABILITAS DI MASA PANDEMI)
18107010039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi pandemi covid 19 yang melanda Indonesia menjadi salah satu hal yang melatar belakangi adanya kebijakan pembelajaran daring. Dalam penerapannya pembelajaran daring ini menimbulkan permasalahan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa disabilitas. Kondisi jaringan internet yang tidak stabil di setiap daerahnya, beban tugas pembelajaran daring, ujian daring dan hambatan psikologis yang dialami oleh mahasiswa disabilitas. Resiliensi akademik yang baik dari mahasiswa disabilitas dibutuhkan untuk dapat melewati kondisi yang penuh dengan tekanan dan hambatan. Resiliensi akademik yang baik akan mendorong individu untuk bertahan dan bangkit di situasi yang sulit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang hambatan selama perkuliahan daring yang dialami oleh mahasiswa disabilitas, diantaranya tidak dapat membaca materi sharscreen, tidak dapat mendengar dengan baik, kondisi internet yang tidak stabil, interaksi yang pemahaman materi yang terhambat, dan juga saat pelaksanaan ujian daring. Selain itu informan juga merasakan kondisi stressfull diantaranya, kekhawatiran dan kepanikan yang berlebihan, emosi yang tidak stabil, dan juga kesehatan yang menurun. Proses resiliensi akademik dengan cara, lebih aktif bertanya dalam perkuliahan, belajar dengan giat, mencari layanan wifi, dan meminta bantuan kepada teman. Faktor-faktor yang mempengaruhi resiliensi akademik dari informan meliputi faktor internal yaitu keyakinan dan kemapuan yang kuat. Faktor eksternal yang meliputi dukungan dari orang tua dan teman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Lisnawati, S.Psi., M.Psi
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa disabilitas, pembelajaran daring, resiliensi akademik.
Subjects: Kesusastraan Arab > Analisis Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 13:56
Last Modified: 22 Sep 2022 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum