IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AL-HUDA KEBUMEN TAHUN 2020-2021

Laras Nurul Hidayati, NIM.: 18102040094 (2022) IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AL-HUDA KEBUMEN TAHUN 2020-2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AL-HUDA KEBUMEN TAHUN 2020-2021)
18102040094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AL-HUDA KEBUMEN TAHUN 2020-2021)
18102040094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari adanya pandemi Covid-19 yang belum mereda pada tahun 2020-2021 sehingga KBIHU Al-Huda melaksanakan bimbingan manasik haji secara daring/online. Hal tersebut mengakibatkan fungsi manajemen yang diterapkan mengalami perubahan. Perubahan tersebut bertujuan untuk melakukan penyesuaian fungsi manajemen dengan kondisi yang dialami pada saat sekarang untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi. Fungsi manajemen sangat diperlukan dalam lembaga agar tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi fungsi manajemen pada program bimbingan manasik haji di KBIHU Al-Huda Kebumen pada tahun 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan ketua pembimbing manasik haji, pembimbing manasik haji, dan staff KBIHU Al-Huda Kebumen. Untuk pengecekan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi-fungsi manajemen yang diterapkan di KBIHU Al-Huda Kebumen meliputi fungsi perencanaan yang dilakukan dengan menentukan tujuan, menentukan prosedur dan metode bimbingan manasik haji, menentukan standar pelaksanaan bimbingan manasik haji, dan menentukan orang-orang yang akan bertugas dalam kegiatan tersebut. Fungsi pengorganisasian dilakukan dengan membagi tugas dan menentukan pemilihan SDM yang dibutuhkan. Fungsi penggerakan dilakukan dengan pemberian motivasi, adanya bentuk kepemimpinan, dan adanya bentuk komunikasi yang ada pada KBIHU Al-Huda. Fungsi pengawasan dilakukan dengan mengawasi kegiatan bimbingan manasik haji, mengadakan evaluasi, mengetahui kendala yang dialami dan cara mengatasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Toriq Nurmadiansyah, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen, Bimbingan Manasik Haji, KBIHU Al-Huda Kebumen
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 11:34
Last Modified: 20 Sep 2022 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53243

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum