PERENCANAAN STRATEGI LEMBAGA DAKWAH NAHDLATUL ULAMA PENGURUS WILAYAH NAHDLATUL ULAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PWNU DIY)

Maghfirotun Nisa’, NIM.: 18102040095 (2022) PERENCANAAN STRATEGI LEMBAGA DAKWAH NAHDLATUL ULAMA PENGURUS WILAYAH NAHDLATUL ULAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PWNU DIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN STRATEGI LEMBAGA DAKWAH NAHDLATUL ULAMA PENGURUS WILAYAH NAHDLATUL ULAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PWNU DIY))
18102040095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN STRATEGI LEMBAGA DAKWAH NAHDLATUL ULAMA PENGURUS WILAYAH NAHDLATUL ULAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PWNU DIY))
18102040095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan strategis pada dasarnya merupakan salah satu dari konsep perencanaan yang berkembang, yang mana perencanaan (planning) adalah salah satu fungsi manajemen. Perencanaan dinilai sebagai fungsi manajemen yang utama karena menjadi dasar bagi semua fungsi manajemen lainnya sebagai pedoman untuk melaksanakan semua aktivitas organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perencanaan strategi yang dilakukan oleh Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama PWNU DIY. Untuk mendeskripsikan persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Sedangkan metode analisis data melalui proses koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategi yang dilakukan oleh Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama PWNU DIY telah berhasil menerapkan empat elemen perencanaan strategi pengamatan lingkugan, perumusan strategi, implementasi perencanaan strategi serta evaluasi strategi. Berdasarkan Analisis SWOT Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama PWNU DIY berada pada kuadran 1 yang mendukung strategi agresif serta dapat menggunakan strategi SO berupa membuat program kerja sembari bekerja sama dengan mitra potensial, mengorganisir dai ke seluruh wilayah Yogyakarta, membuat kurikulum dai agar dakwah lebih terarah, dan membuat peta dakwah di area sekolah, kampus, serta lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Aris Risdiana, S.Sos.I., MM
Subjects: Manajemen Dakwah
Organisasi Masyarakat > Nahdlatul Ulama (NU)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 11:36
Last Modified: 20 Sep 2022 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum