MANAJEMEN BIMBINGAN MANASIK IBADAH UMRAH OLEH PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) PT. MADINAH IMAN WISATA DI KABUPATEN PEKALONGAN JAWA TENGAH TAHUN 2019

Nila Izzamillati, NIM.: 18102040101 (2022) MANAJEMEN BIMBINGAN MANASIK IBADAH UMRAH OLEH PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) PT. MADINAH IMAN WISATA DI KABUPATEN PEKALONGAN JAWA TENGAH TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN BIMBINGAN MANASIK IBADAH UMRAH OLEH PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) PT. MADINAH IMAN WISATA DI KABUPATEN PEKALONGAN JAWA TENGAH TAHUN 2019)
18102040101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN BIMBINGAN MANASIK IBADAH UMRAH OLEH PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) PT. MADINAH IMAN WISATA DI KABUPATEN PEKALONGAN JAWA TENGAH TAHUN 2019)
18102040101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya persoalan di PPIU PT. Madinah Iman Wisata di Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah Tahun 2019, dimana jemaah umrah mayoritas pemula dan lansia yang akan pertama kali beribadah di tanah suci, belum memahami manasik, hiterogin dari tingkat usia, pendidikan, dan latar belakang ilmu keagamaannya. Sehingga bimbingan manasik perlu dikelola atau di manaj dengan baik, harapannya jemaah umrah akan dapat memahami dan melaksanakan ibadah umrahnya sesuai syari’at. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen bimbingan manasik ibadah umrah dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisa data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data serta perikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi, Kerangka teori sebagai acuan adalah teori George R. Terry yang dikutip oleh Ramanda Yogi Pratama yang mengurai tentang manajemen terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan Noor Hamid dalam manajemen bimbingan haji dan umrah. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pelaksanaan bimbingan manasik ibadah umrah di PPIU PT. Madinah Iman Wisata di Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah sudah menerapakan manajemen dengan baik, sehingga jemaah umrah merasakan puas. Faktor pendukungnya antara lain mempunyai tempat manasik sangat memadai, nyaman, pengurusnya profesional. Faktor penghambat sebagai kendalanya, diantaranya jemaah umrah pemula, lansia, petugas pembimbing ibadah umrah merangkap sebagai petugas pelayanan umum. Kendala ini dapat diatasi dengan kerjasama, koordinasi dan komunikasi intensif antara pengurus, panitia pelaksana dan petugas pembimbing yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Noor Hamid. M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Manasik Ibadah Umrah, Evaluasi Layanan Haji, PT. Madinah Iman Wisata.
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 11:44
Last Modified: 20 Sep 2022 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum