PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA AMIL ZAKAT DI PENGURUS WILAYAH NU CARE-LAZISNU DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Mella Putri Ayuningtyas, NIM.: 18102040105 (2022) PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA AMIL ZAKAT DI PENGURUS WILAYAH NU CARE-LAZISNU DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA AMIL ZAKAT DI PENGURUS WILAYAH NU CARE-LAZISNU DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18102040105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA AMIL ZAKAT DI PENGURUS WILAYAH NU CARE-LAZISNU DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18102040105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga dalam mencapai tujuannya tidak terlepas dari peran penting sumber daya manusia sebagai penggerak roda di setiap kegiatan yang ada pada lembaga. Sumber daya manusia di LAZISNU DIY disebut dengan amil zakat. Pengelolaan yang terbaik terhadap amil zakat sangat diperlukan guna mencapai tujuan lembaga dengan maksimal. Pengelolaan amil zakat dapat dilakukan dengan menerapkan fungsi-fungsi yang ada pada manajemen sumber daya manusia. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia pada amil zakat di PW NU CARE-LAZISNU DIY. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan direktur, sekretaris direksi, manajer divisi Public Relations, dan manajer divisi fundraising di PW NU CARE-LAZISNU DIY. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia telah diterapkan di PW NU CARE-LAZISNU DIY. Perencanaan dilakukan dengan mengukur kebutuhan dan menentukan kriteria amil zakat yang diperlukan. Pengorganisasian dilakukan dengan membagi tugas menjadi dua kelompok yaitu pengurus sebagai pengawas dan manajemen sebagai pengelola zakat. Pengarahan kepada amil zakat dilakukan ketika rapat rutin dan rapat kerja. Pengendalian kepada amil zakat dilakukan dengan adanya evaluasi rutin setiap hari senin. Pengadaan dilakukan dengan peramalan kebutuhan tenaga kerja ketika terdapat amil zakat yang berencana resign, adanya rekrutmen secara terbuka dan tertutup dan seleksi internal dan eksternal. Pengembangan di LAZISNU DIY dilakukan dengan metode pendidikan dan pelatihan, pelatihan diberikan dengan adanya program capacity building dan Ngobrol Filantropi. Kompensasi yang diberikan pada amil zakat berupa kompensasi tunai yaitu gaji dan tunjangan-tunjangan. Pemeliharaan dilakukan dengan pemberian motivasi oleh pengurus dan direktur dan adanya jaminan kesejahteraan bagi amil zakat. Pengintegrasian dilakukan dengan melaksanakan kegiatan di luar kantor, berupa ziarah ke makam auliya’ dan rapat evaluasi tahunan. Kedisiplinan dilakukan dengan adanya peraturan-peraturan yaitu ketentuan waktu masuk dan pulang, dan sistem absen berupa fingerprint. Pemberhentian di LAZISNU DIY yang telah terjadi berupa resign dan pemecatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Shofi’unnafi, M.M
Uncontrolled Keywords: Fungsi-Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia, Amil Zakat, PW NU CARE-LAZISNU DIY
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 11:46
Last Modified: 20 Sep 2022 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum