IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM OLEH PELAKU BISNIS DI PAMELLA SATU SUPERMARKET YOGYAKARTA TAHUN 2022

Tia Afni Sofiarum, NIM.: 18102040113 (2022) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM OLEH PELAKU BISNIS DI PAMELLA SATU SUPERMARKET YOGYAKARTA TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM OLEH PELAKU BISNIS DI PAMELLA SATU SUPERMARKET YOGYAKARTA TAHUN 2022)
18102040113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM OLEH PELAKU BISNIS DI PAMELLA SATU SUPERMARKET YOGYAKARTA TAHUN 2022)
18102040113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Etika bisnis adalah komponen dari para pelaku bisnis yang terkait erat dengan kegiatan komersial karena bisnis bukan hanya tentang memaksimalkan keuntungan yang akan menyebabkan situasi yang tidak etis, tetapi juga harus memperhatikan etika Islam yang merupakan bagian integral dalam bisnis yang dijalankan secara professional. Untuk itu dibutuhkan namanya implementasi etika bisnis Islam yang harus mampu dilaksanakan dalam setiap aspek bisnis termasuk dalam penyelenggaraannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi etika bisnis Islam oleh pelaku bisnis di Pamella Satu Supermarket Yogyakarta tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian di lapangan ini akan menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis dan lisan seseorang yang dijadikan bahan penelitian atau perilaku yang diamati. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah interactive model (Miles dan Huberman) melaui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dengan triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum etika bisnis Islam telah diimplementasikan dengan baik oleh pelaku bisnis di Pamella Satu Supermarket melalui prinsip-prinsip etika bisnis Islam, seperti keesaan, keseimbangan, tanggung jawab, dan kebenaran. Disisi lain Pamella Satu Supermarket juga didukung background bisnisnya dengan gaya islami yang mencolok. Hal ini juga dibuktikan oleh para pelaku bisnis di Pamella Satu Supermarket bahwasanya etika bisnis Islam yang diimplementasikan itu menimbulkan dampak nyata terhadap perkembangan dan kemajuan bisnis Pamella.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nurmahni, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Spiritual Company, Etika Bisnis Islam, Manajement Bisnis
Subjects: Etika Kerja Islami
Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 13:10
Last Modified: 20 Sep 2022 13:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum