PENDAMPINGAN ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL OLEH PEKERJA SOSIAL DI DINAS SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DINSOS DAN P3A) KABUPATEN KEBUMEN

Vivi Rahmawati, NIM.: 18102050006 (2022) PENDAMPINGAN ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL OLEH PEKERJA SOSIAL DI DINAS SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DINSOS DAN P3A) KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDAMPINGAN ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL OLEH PEKERJA SOSIAL DI DINAS SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DINSOS DAN P3A) KABUPATEN KEBUMEN)
18102050006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDAMPINGAN ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL OLEH PEKERJA SOSIAL DI DINAS SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DINSOS DAN P3A) KABUPATEN KEBUMEN)
18102050006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pendampingan Anak Korban Kekerasan Seksual yang dilakukan oleh Pekerja Sosial di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kebumen, dengan rumusan masalah bagaimana pendampingan anak korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh Pekerja Sosial di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos dan P3A) Kabupaten Kebumen serta apa saja peran yang dilakukan oleh pekerja sosial di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kebumen dalam pendampingan terhadap anak korban kekerasan seksual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pendampingan anak korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh Pekerja Sosial di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos dan P3A) Kabupaten Kebumen dan untuk mengetahui apa saja peran yang dilakukan pekerja sosial dalam pendampingan terhadap anak korban kekerasan seksual tersebut. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini terdiri dari pekerja sosial, anak korban kekerasan seksual, dan orang tua anak korban kekerasan seksual. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan validasi data dengan menguji tekni keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan mengenai pendampingan yang dilakukan oleh pekerja sosial di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kebumen terhadap anak korban kekerasan seksual yang meliputi pendampingan hukum, pendampingan psikologis, dan pendampingan sosial. Dalam melaksanakan pendampingannya pekerja sosial dapat menerapkan peran pekerja sosial seperti sebagai broker, enabler, advocator, mediator, educator, dan motivator. Proses pendampingan pekerja sosial juga dilakukan melalui tahapan-tahapan intervensi yaitu intake, asesmen, planning intervensi, intervensi, evaluasi dan terminasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendampingan, Pekerja Sosial, Anak Korban Kekerasan Seksual
Subjects: Kesejahteraan Sosial
KEKERASAN - ANAK
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 13:49
Last Modified: 20 Sep 2022 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53264

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum