PANDEMI COVID-19 DAN PARIWISATA : DAMPAK DAN STRATEGI BERTAHAN HIDUP PKL PANTAI DEPOK DITENGAH PANDEMI COVID-19

Vika Aristiya Rini, NIM.: 18102050011 (2022) PANDEMI COVID-19 DAN PARIWISATA : DAMPAK DAN STRATEGI BERTAHAN HIDUP PKL PANTAI DEPOK DITENGAH PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDEMI COVID-19 DAN PARIWISATA : DAMPAK DAN STRATEGI BERTAHAN HIDUP PKL PANTAI DEPOK DITENGAH PANDEMI COVID-19)
18102050011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PANDEMI COVID-19 DAN PARIWISATA : DAMPAK DAN STRATEGI BERTAHAN HIDUP PKL PANTAI DEPOK DITENGAH PANDEMI COVID-19)
18102050011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mulai akhir tahun 2019, dunia termasuk Indonesia dilanda virus yang mewabah yaitu virus Corona atau yang sering disebut Covid-19. Kondisi ini mempengaruhi segala aspek kehidupan tak terkecuali pada aspek perekonomian. Seiring berjalannya waktu, Pemerintah membuat kebijakan PSBB dan penutupan objek wisata sementara (lockdown) seperti di objek wisata Pantai Depok. Keadaan ini menyebabkan kawasan wisata menjadi sepi pengunjung dan sangat mempengaruhi pendapatan yang diperoleh pedagang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap kesejahteraan ekonomi PKL Pantai Depok dan untuk menjelaskan strategi apa saja yang dilakukan PKL Pantai Depok dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teori kesejahteraan sosial dan juga teori strategi coping menurut Suharto. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 9 narasumber yaitu para pedagang kaki lima di objek wisata Pantai Depok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian (display) dan penarikan kesimpulan. Adapun validasi data dilakukan dengan menguji teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak yang ditimbulkan dari adanya pandemi Covid-19 terhadap PKL Pantai Depok yaitu dalam dampak material pendapatan menurun dan tanggungan perekonomian keluarga yang meningkat, dampak sosial yaitu dengan membatasi interaksi dan tradisi yang ditiadakan, pada dampak spiritual yaitu PKL menjadi rajin beribadah dan semakin ingat akan Allah SWT. Adapun strategi yang dilakukan PKL Pantai Depok menurut teori yang dikemukakan oleh Suharto dibagi menjadi tiga, yaitu dalam strategi aktif PKL Pantai Depok melakukan pekerjaan sampingan dengan membuka lahan pasir untuk bercocok tanam, berkeliling menjual hasil tangkapan nelayan, mengikutsertakan keluarga dalam bekerja. Dalam strategi pasif PKL Pantai Depok melakukan penghematan pengeluaran dan memanfaatkan tabungan untuk mencukupi kebutuhan. Strategi jaringan dilakukan dengan berhutang dengan saudara, tetangga, maupun Bank dan memanfaatkan bantuan modal yang diberikan Pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Ulil Absor, S.H.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pedagang Kaki Lima, Dampak Covid-19, Strategi Coping
Subjects: Industri Pariwisata
Covid-19
Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 13:53
Last Modified: 20 Sep 2022 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum