STRATEGI KOPING BURUH PABRIK GENTENG PEREMPUAN DALAM MENGATASI BEBAN GANDA PADA MASA PANDEMI COVID-19 ( STUDI KASUS DI DESA BUMIHARJO KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN)

Tsani Nadliroh, NIM.: 18102050019 (2022) STRATEGI KOPING BURUH PABRIK GENTENG PEREMPUAN DALAM MENGATASI BEBAN GANDA PADA MASA PANDEMI COVID-19 ( STUDI KASUS DI DESA BUMIHARJO KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOPING BURUH PABRIK GENTENG PEREMPUAN DALAM MENGATASI BEBAN GANDA PADA MASA PANDEMI COVID-19 ( STUDI KASUS DI DESA BUMIHARJO KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN))
18102050019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOPING BURUH PABRIK GENTENG PEREMPUAN DALAM MENGATASI BEBAN GANDA PADA MASA PANDEMI COVID-19 ( STUDI KASUS DI DESA BUMIHARJO KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN))
18102050019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang kehidupan ekonomi yang rendah menjadikan tidak adanya pilihan lain bagi perempuan untuk memiliki lebih dari satu peran yakni sebagai ibu, istri, pekerja, dan anggota masyarakat. Buruh cetak genteng di pabrikpabrik yang terdapat di Desa Bumiharjo mengalami hal demikian. Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak tahun 2020 lalu meninggalkan berbagai dampak bagi kehidupan keluarga mereka. Pada situasi penuh tekanan ini, para buruh masih bisa terus bertahan. Untuk itu penelitian mengkaji mengenai bentuk-bentuk beban ganda dengan penambahan stresor berbagai dampak pandemi covid-19 yang dihadapi para buruh pabrik genteng bidang produksi, serta untuk mengetahui strategi koping yang dilakukan untuk dapat bertahan pada situasi ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitin merupakan seorang ibu yang bekerja sebagai buruh cetak di pabrik yang terletak di Desa Bumharjo. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan melalui proses reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa beban ganda yang dihadapi para ibu yang bekerja sebagai buruh cetak di pabrik genteng meliputi beban sebagai ibu, istri, pekerja, dan anggota masyarakat. Penambahan stresor berbagai dampak pandemi covid-19 selain mempengaruhi individu buruh juga mempengaruhi keluarganya secara umum. Untuk mengurangi tekanan, para buruh melakukan strategi koping baik dalam bentuk Problem Focused Coping maupun Emotional Focused Coping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Buruh Perempuan, Beban Ganda, Strategi Koping
Subjects: Covid-19
Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 13:55
Last Modified: 20 Sep 2022 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum