ANALISIS GENDER TENTANG BEBAN GANDA PEREMPUAN PEKERJA (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DI PT HAJMA ARUNA JAVA KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL)

Lia Fuji Astutti, NIM.: 18102050041 (2022) ANALISIS GENDER TENTANG BEBAN GANDA PEREMPUAN PEKERJA (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DI PT HAJMA ARUNA JAVA KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS GENDER TENTANG BEBAN GANDA PEREMPUAN PEKERJA (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DI PT HAJMA ARUNA JAVA KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL))
18102050041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS GENDER TENTANG BEBAN GANDA PEREMPUAN PEKERJA (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DI PT HAJMA ARUNA JAVA KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL))
18102050041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban ganda yang di terima oleh pekerja perempuan di PT Hajma Aruna Java dan ketidakadilan gender serta dampak yang ditimbulkan akibat beban ganda yang mereka alami pada kehidupan rumah tangga. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa masyarakat memiliki persespi yang sama bahwa peran perempuan adalah menjaga kebersihan rumah, menjaga keluarga, menjaga pakaian, memasak, pengelola keuangan, dan berbelanja. Karena adanya anggapan ini perempuan yang sudah menikah dan memilih untuk bekerja karena faktor ekonomi harus menerima peran ganda yaitu peran domestik dan publik. Adanya peran ganda yang mereka dapatkan mengakibatkan mereka mengalami beban ganda. Beban ganda ini terjadi karena total beban pekerjaan dan total waktu bekerja lebih banyak diterima oleh perempuan dari pada laki-laki khususnya para pekerja perempuan di PT Hajma Aruna Java. Beban ganda yang dialami perempuan pekerja di PT Hajma Aruna Java merupakan sebuah ketidakadilan karena mereka harus menerima beban lebih banyak dari pada laki-laki akibat norma budaya yang berlaku di masyarakat. Bekerjanya para pekerja perempuan di PT Hajma Aruna Java juga menimbulkan dampak bagi kehidupan rumah tangga mereka. Dampak yang yang dihasilkan berupa dampak positif dan negatif. Dampak positif meliputi, 1) meningkatnya pendapatan keluarga, 2) terpenuhinya kebutuhan anggota keluarga, 3) stabilnya keuangan keluarga, 4) perasaan bahagia yang dirasakan oleh pekerja perempuan. Kemudian dampak negatif yang mereka alami yaitu, 1) masalah kesehatan, 2) perubahan emosional, 3) waktu berkumpul dengan keluarga yang tidak maksimal. Pekerja perempuan juga mengalami ketidakadilan gender. Dari lima manifestasi ketidakadilan gender, mereka mengalami 4 manifestasi, yaitu marginalisasi, subordinasi, stereotipe dan beban ganda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Abidah Muflihati, S.Th.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Gender, Beban Ganda, Ketidakadilan, Dampak, Pekerja Perempuan PT Hajma Aruna Java
Subjects: Gender
Wanita - Kepala Keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 14:03
Last Modified: 20 Sep 2022 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53269

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum