EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BANTUAN BAGI PELAKU USAHA MIKRO (BPUM) PADA USAHA PATI AREN DI DUSUN TUKSONGO 1 KABUPATEN MAGELANG

Dhea Mursyidan Al Aulia, NIM.: 18102050043 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BANTUAN BAGI PELAKU USAHA MIKRO (BPUM) PADA USAHA PATI AREN DI DUSUN TUKSONGO 1 KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BANTUAN BAGI PELAKU USAHA MIKRO (BPUM) PADA USAHA PATI AREN DI DUSUN TUKSONGO 1 KABUPATEN MAGELANG)
18102050043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BANTUAN BAGI PELAKU USAHA MIKRO (BPUM) PADA USAHA PATI AREN DI DUSUN TUKSONGO 1 KABUPATEN MAGELANG)
18102050043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

BPUM diperuntukkan pada usaha mikro agar dapat melangsungkan usahanya ditengah pandemi dikarenakan rendahnya daya beli masyarakat. Berdasarkan data IHPS II tahun 2020 oleh BPK ditemui ketidakefektifan penyaluran dan penggunaan BPUM sehingga perlu dilakukan kajian mengenai tingkat efektivitas dana BPUM pada pelaku usaha mikro. Dusun Tuksongo 1 merupakan satu-satunya daerah di Kabupaten Magelang yang masih memproduksi pati aren dan mengalami pengurangan produksi akibat pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji efektivitas penggunaan dana BPUM pada usaha mikro di Dusun Tuksongo 1. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, menggunakan teori dan indikator efektivitas menurut Sutrisno berupa pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 4 narasumber yaitu para pelaku usaha pati aren penerima BPUM di Dusun Tuksongo 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas penggunaan dana pada pelaku usaha pati aren penerima BPUM Dusun Tuksongo 1 berjalan efektif sesuai dengan indikator efektivitas. Pemahaman program oleh pelaku usaha dipahami melalui sosialisasi online dan offline. Ketepatan sasaran penentuan penerima sesuai kriteria, namun terdapat kecemburuan sosial terkait kelayakan penerima BPUM. Ketepatan waktu penyaluran sesuai dengan realisasi penyaluran di lapangan. Implementasi penggunaan dana tepat tujuan untuk kepentingan usaha. Perubahan nyata yaitu terbantunya permodalan dan meningkatnya hasil produksi pati aren. Indikator tersebut saling berkaitan yaitu input, proses, dan output.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Aryan Torrido, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: BPUM, Usaha Mikro, Program Bantuan Pemerintah
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Wirausaha
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 14:10
Last Modified: 20 Sep 2022 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum