HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS XII SMA DI PONDOK PESANTREN BINA MADANI MAGELANG

Kholifia Nadhifah, NIM.: 17104010088 (2022) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS XII SMA DI PONDOK PESANTREN BINA MADANI MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS XII SMA DI PONDOK PESANTREN BINA MADANI MAGELANG)
17104010088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS XII SMA DI PONDOK PESANTREN BINA MADANI MAGELANG)
17104010088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Critical thinking (berpikir kritis) diperlukan dalam pengembangan intelektual. Critical thinking merupakan suatu kemampuan atau keterampilan berpikir untuk memudahkan mengambil keputusan dan memecahkan masalah khususnya dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran inquiry merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis (critical thinking) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan model pembelajaran inquiry dengan critical thinking, mengetahui besar pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap critical thinking dan mengetahui seberapa tinggi tingkat critical thinking kelas XII di Pondok Pesantren Bina Madani Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Pondok Pesantren Bina Madani Magelang sebanyak 74 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan menggunakan random table. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 5%, jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket model pembelajaran inquiry dan skala critical thinking. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi analisis deskriptif kuantitatif dan analisis korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara model pembelajaran inquiry dengan critical thinking dengan nilai r sebesar 0,508 dan nilai p = 0,00 (p < 0,05). 2) Ada hubungan positif yang signifikan antara model pembelajaran inquiry dan critical thinking dengan kontribusi efektif (R) adalah sebesar 0,258. Sehingga 25,8% critical thinking siswa kelas XII Pondok Pesantren Bina Madani Magelang dipengaruhi oleh adanya model pembelajaran inquiry, kemudian sisanya 74,2% dipengaruhi ix oleh faktor-faktor lain diluar penelitaian ini. Disimpulkan bahwa model pembelajran inquiry dan critical thinking memiliki keterkaitan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eva Latipah S.Ag., S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inquiry, Critical Thinking, Meningkatkan Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 13:59
Last Modified: 22 Sep 2022 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum