DAKWAH KOMUNIKATIF MENURUT PEMIKIRAN PROF. DR. H.M. BAHRI GHAZALl, M.A.

Icuk lndriati, NIM.00210160 (2005) DAKWAH KOMUNIKATIF MENURUT PEMIKIRAN PROF. DR. H.M. BAHRI GHAZALl, M.A. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAKWAH KOMUNIKATIF MENURUT PEMIKIRAN PROF. DR. H.M. BAHRI GHAZALl, M.A.)
00210160_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAKWAH KOMUNIKATIF MENURUT PEMIKIRAN PROF. DR. H.M. BAHRI GHAZALl, M.A.)
00210160_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pada dasarnya dakwah komunikatif ini berangkat dari pengertian komunikasi dan dakwah. Pengertian komunikasi adalah suatu aktifitas yang dilakukan seseorang untuk menyampaikan suatu pesan terhadap orang lain agar orang tersebut mengerti, memahami, dan mau melakukan seperti apa yang diharapkan oleh orang yang memberi pesan, sehingga mereka bisa bersama-sama dan saling berpartisipasi untuk mengadakan perubahan tingkah laku dari yang tidak baik menjadi baik. Sedangkan Dakwah pada hakekatnya identik dengan komunikasi. Y aitu proses pengupayaan perubahan tingkah laku sesecrang menjadi lebih baik dari sebelumnya melalui pesan atau ajaran yang disampaikan. Hanya saja kalau dalam komunikasi lebih bersifat umum sedangkan dalam dakwah lebih bersifat khusus. Jadi dakwah yang komunikatif adalah kegiatann penyebaran Islam kepada masyarakat yang mampu mengadakan perubahan terhadap perilaku masyarakat tersebut. 2. Aspek- aspek yang menentukan terjadinya komunikasi dakwah dengan baik antara lain: - Aspek sumber I informasi - Aspek materi - Aspek tujuan - Aspek lingkungan dakwah - Aspek media 3. Faktor- faktor yang mempengaruhi keberhasilan dakwah komunikatif antara lain: - Faktor bahasa - Faktor metodologi yang mencakup strategi, pendekatan, dan tehnik yang di gunakan - Kemampuan mempengaruhi 4. Media yang digunakan dalam komunikasi dakwah ya:itu: - Media visual atau yang bisa dilihat. - Media auditif atau yang bisa didengar - Media audio visual atau yang bisa dilihat dan didengar 3. Dakwah Islam dan perubahan sosial saling mempengaruhi satu sama lain. Dengan dakwah terjadi perubahan sosial pada masyarakat dan perubahan sosial turut menentukan arah dakwah selanjutnya, dan dengan memperhatikan kondisi masyarakat maka dibutuhkan kemasan dakwah yang fleksibel dan sesuai dengan situasi serta kondisi yang dihadapi. 4. Dalam kepemimpinan komunikasi merupakan masalah yang paling mendasar. Pemimpin dapat dipastikan selalu melakukan komunikasi, karena tanpa kom:µnikasi proses kepemimpinan tidak akan berlangsung dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Afif Rifa'i, M.S.
Uncontrolled Keywords: Dakwah komunikatif, pemikiran PROF. DR. H.M. Bahri Ghazall, M.A
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Sep 2022 10:03
Last Modified: 21 Sep 2022 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum