NYAI DALAM PANDANGAN SANTRI PUTRI Studi Tentang Kepemimpinan Nyai Barokah Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta

Siti Ainatul Mardiiyah, NIM.00210192 (2005) NYAI DALAM PANDANGAN SANTRI PUTRI Studi Tentang Kepemimpinan Nyai Barokah Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NYAI DALAM PANDANGAN SANTRI PUTRI Studi Tentang Kepemimpinan Nyai Barokah Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta)
00210192_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NYAI DALAM PANDANGAN SANTRI PUTRI Studi Tentang Kepemimpinan Nyai Barokah Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta)
00210192_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kepemimpinan Nyai Barokah merupakan kepemimpinan kharismatik, sebagai pemimpin yang mampu menggerakkan orang iain meialui kekuatan pribadinya. Kepemimpinan kharismatik biasanya cenderung otoriter, tetapi berbeda dengan Nyai Barokah di daiarn pernbuatan kebijakan pesantren di putuskan secara demokratis, dimana pengurus pondok dan asatidzah diiibatkan daiam pemutusan kebijakan. Sementara itu tampilnya Nyai sebagai pernimpin bukan semata-mata karena istri kyai, tetapi ia betui-betui aiirn dan rnarnpu untuk rnernirnpin pesantren \vaiaupun ia seorang perempuan. Melihat kasus ini menunjukkan bahwa tradisi pesantren yang mewariskan estafeta keiangsungan pesantren terhadap anak laki-laki sebagai pemimpin pesantren tidak seiamanya harus dipenuhi, tetapi hal rnendasar yang rnenjadi pertirnbangan kemarnpuan kepernimpinan dan kealiman. Peran pendidik Nyai adalah bertugas tidak hanya mengajar santri dan menjadikannya pandai, namun tanggung jawab yang beiiau emban lebih dari itu, yakni mendidik santri dengan harapan bisa rneiahirkan inteiektuai islarn yang berakhiakui karirah. Dan peran n konselornya adaiah berbentuk sebagai orang tua kedua, yakni tempat para santti mengkonsuitasikan permasaiahannya serta memohon bantuan problem solving atas permasaiahan kehidupan yang dialaminya dengan sikap yang sangat bijak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moh. Nanili, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Nyai Barokah , Pondok Pesantren Nurul Ummah, Kotagede Yogyakarta
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Sep 2022 10:25
Last Modified: 21 Sep 2022 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53291

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum