EFEKTIVITAS KURSUS BAHASA ARAB ONLINE MELALUI MEDIA WHATSAPP DI AKADEMI ALMADINAH ANGKATAN 52 PERIODE AGUSTUS 2021

Nurul Izza Isnaini, NIM.: 17104020054 (2022) EFEKTIVITAS KURSUS BAHASA ARAB ONLINE MELALUI MEDIA WHATSAPP DI AKADEMI ALMADINAH ANGKATAN 52 PERIODE AGUSTUS 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KURSUS BAHASA ARAB ONLINE MELALUI MEDIA WHATSAPP DI AKADEMI ALMADINAH ANGKATAN 52 PERIODE AGUSTUS 2021)
17104020054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KURSUS BAHASA ARAB ONLINE MELALUI MEDIA WHATSAPP DI AKADEMI ALMADINAH ANGKATAN 52 PERIODE AGUSTUS 2021)
17104020054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini diangkat berkesinambungan dengan semakin menipisnya sekat globalisasi dan semakin meluasnya hubungan kerjasama antarnegara. Hal ini mengakibatkan bahasa asing sebagai alat komunikasi yang paling penting dari faktor jaringan profesional tersebut semakin banyak peminatnya, termasuk bahasa Arab. Akademi Almadinah merupakan salah satu lembaga kursus online yang memfasilitasi para peminat bahasa Arab untuk belajar bahasa Arab dengan praktis dan mudah melalui aplikasi WhatsApp. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah : 1. Untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab melalui WhatsApp, 2. Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Arab melalui media WhatsApp di lembaga kursus tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah field research atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang pengumpulan datanya melalui observasi keadaan di tempat penelitian tersebut diadaakan. Penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis keadaan di sekitar saat proses pembelajaran bahasa Arab melalui WhatsApp di Akademi Almadinah berlangsung. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1. proses pembelajaran bahasa Arab di Akademi Almadinah tergolong pada pembelajaran dengan media yang tidak langsung, yakni melalui modul dalam bentuk pdf, video, gambar dan voice note. 2.efektivitas kursus bahasa Arab online melalui media WhatsApp dinilai cukup efektif untuk mempelajari bahasa Arab dasar dengan pengajar yang berpengalaman dan waktu yang fleksibel menyesuaikan dengan kesibukan peserta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurhadi, MA.
Uncontrolled Keywords: efektivitas, kursus bahasa Arab, media sosial, WhatsApp
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 13:59
Last Modified: 22 Sep 2022 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum