HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN TAHFIẒ AL-QUR’AN DENGAN PENGUASAAN MUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALMAN AL-FARISI 2 JETIS TAHUN AJARAN 2021/2022

Nimas Aulia, NIM.: 17104020086 (2022) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN TAHFIẒ AL-QUR’AN DENGAN PENGUASAAN MUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALMAN AL-FARISI 2 JETIS TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN TAHFIẒ AL-QUR’AN DENGAN PENGUASAAN MUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALMAN AL-FARISI 2 JETIS TAHUN AJARAN 2021/2022)
17104020086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN TAHFIẒ AL-QUR’AN DENGAN PENGUASAAN MUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALMAN AL-FARISI 2 JETIS TAHUN AJARAN 2021/2022)
17104020086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan tahfiẓ Al-Qur’an dengan penguasaan mufradāt bahasa Arab siswa kelas V SDIT Salman Al-Farisi 2 Jetis tahun ajaran 2021/2022. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi permasalahan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian berjumlah 39 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman dengan persyaratan uji normalitas data, uji linearitas, dan uji regresi untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh tahfiẓ Al-Qur’an terhadap penguasaan mufradāt bahasa Arab siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran tahfiẓ Al-Qur’an menggunakan metode tahfiẓ Dzikruna. Nilai rata-rata siswa pada variabel tahfiẓ Al-Qur’an adalah 77,33, Sedangkan nilai rata-rata siswa pada variabel penguasaan Mufradāt adalah 70,69. Hal ini berarti bahwa nilai rata-rata tahfiẓ Al Qur’an lebih besar dari nilai rata-rata penguasaan Mufradāt. Dilihat dari hasil analisis korelasi rank spearman Diperoleh nilai Koefisien korelasi sebesar 0,759, Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori kuat. Sedangkan jika dilihat dari hasil uji regresi diketahui besar nilai koefisien determinasi adalah 0,536. Hal ini berarti bahwa pengaruh Al-Qur’an terhadap penguasaan mufradāt adalah sebesar 53,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin banyak jumlah hafalan Al-Qur'an siswa, maka semakin tinggi tingkat penguasaan mufradāt yang dicapainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd..
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Kemampuan Tahfiẓ Al-Qur’an, Mufradāt
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 13:59
Last Modified: 22 Sep 2022 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53293

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum