STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH DI ERA 4.0 MELALUI PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY

Nurul Miftachur Rodiyah, NIM.: 17104090044 (2022) STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH DI ERA 4.0 MELALUI PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH DI ERA 4.0 MELALUI PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY)
17104090044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH DI ERA 4.0 MELALUI PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY)
17104090044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, keberadaan pondok pesantren semakin banyak. Banyak dan beraneka ragamnya pondok pesantren secara tidak langsung memunculkan iklim persaingan, baik antar pesantren maupun dengan lembaga pendidikan non pesantren. Selain itu citra buruk tentang pondok pesantren perlu diluruskan dengan informasi yang tepat. Maka perlu adanya pemasaran untuk mengimbangi persaingan yang ada sekaligus menjadi bentuk komunikasi pondok pesantren dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami strategi pemasaran Pondok Pesantren Nurul Ummah di era 4.0 ditinjau melalui pendekatan blue ocean strategy serta rintangan apa saja yang dihadapi. Manfaat penelitian ini untuk menambah wawasan dan informasi terkait strategi pemasaran dan pendekatan blue ocean strategy yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data melalui transcript, coding, grouping, comparing dan contrasting. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pemasaran Pondok Pesantren Nurul Ummah di era 4.0 yang ditinjau melalui blue ocean strategy yakni dengan menetapkan inovasi nilai. Inovasi nilai berupa Tim Admisi dimana tim ini sudah berorientasi pada pemanfaatan era 4.0. Langkah kedua, membuat kanvas strategi untuk mengetahui pasar yang dihadapi. Ketiga, membuat kerangka kerja empat langkah (hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakan) untuk bahan implementasi. Keempat, membuat skema kerangka kerja empat langkah sebagai bahan analisis evaluasi (2) Rintangan yang dihadapi berupa rintangan kognitif, sumber daya, motivasi, dan politik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pondok Pesantren, Blue Ocean Strategy, Era 4.0
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 14:01
Last Modified: 22 Sep 2022 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53302

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum