STRATEGI PEMULIHAN PEDAGANG KAKI LIMA MASA AKHIR PANDEMI COVID-19 DI ALUN-ALUN KABUPATEN KLATEN

M. Nohan Daffa Assidiq, NIM.: 18102050055 (2022) STRATEGI PEMULIHAN PEDAGANG KAKI LIMA MASA AKHIR PANDEMI COVID-19 DI ALUN-ALUN KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMULIHAN PEDAGANG KAKI LIMA MASA AKHIR PANDEMI COVID-19 DI ALUN-ALUN KABUPATEN KLATEN)
18102050055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMULIHAN PEDAGANG KAKI LIMA MASA AKHIR PANDEMI COVID-19 DI ALUN-ALUN KABUPATEN KLATEN)
18102050055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Munculnya virus corona atau covid-19 menyebabkan terjadinya pandemi secara global di seluruh dunia Di Indonesia adanya pandemi membuat pemerintah kemudian mengeluarkan berbagai macam kebijakan seperti PSBB, PPKM guna mengendalikan kasus covid. Adanya kebijakan-kebijakan tersebut memberikan banyak dampak di berbagai daerah. Tak terkecuali kepada para pedagang kaki lima di Alun-Alun Klaten yang merasa keberatan dengan adanya kebijakan-kebijakan tersebut saat pandemi. Tujuan penelitian ini ingin menjelaskan bagaimana dampak yang dirasakan serta bagaimana strategi pemulihan yang dilakukan oleh pedagang kaki lima di Alun-Alun Klaten. Jenis penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan metode kualitatif. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Serta teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak yang dirasakan oleh pedagang kaki lima Alun-Alun Klaten diantaranya adalah terbatasnya jam operasional, mobilitas aktivitas berdagang menjadi terhambat, terjadi penurunan pendapatan, penurunan penjualan,. Sedangkan strategi pemulihan berdasarkan tinjauan strategi menurut Edi Suharto dibagi menjadi 3 yaitu strategi aktif, strategi aktif yang dilakukan oleh pedagang yaitu dengan bersikap baik dan ramah, memberikan bonus, menambah variasi ragam dagangan, menambah jam kerja, menggunakan sistem aplikasi online serta menjalankan pekerjaan atau usaha lain . Kedua strategi pasif seperti penghematan kebutuhan, pengurangan jumlah stok dagangan yang akan dijual. Ketiga strategi jaringan, dengan menggunakan fasilitas paguyuban, dan memanfaatkan bantuan yang didapatkan dari pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq. M.A., BSW., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pedagang Kaki Lima, Pandemi Covid-19, Recovery Dampak Pandemi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:19
Last Modified: 22 Sep 2022 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53305

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum