STRATEGI BERTAHAN HIDUP BURUH TANI PENGGARAP DI MASA PANDEMI C0VID-19 (STUDI KASUS DESA WUKIRSARI, CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)

Kalih Widyaningsih, NIM.: 18102050060 (2022) STRATEGI BERTAHAN HIDUP BURUH TANI PENGGARAP DI MASA PANDEMI C0VID-19 (STUDI KASUS DESA WUKIRSARI, CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BERTAHAN HIDUP BURUH TANI PENGGARAP DI MASA PANDEMI C0VID-19 (STUDI KASUS DESA WUKIRSARI, CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA))
18102050060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BERTAHAN HIDUP BURUH TANI PENGGARAP DI MASA PANDEMI C0VID-19 (STUDI KASUS DESA WUKIRSARI, CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA))
18102050060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh sektor kehidupan manusia, salah satunya adalah sektor pertanian. Adanya pandemi ini dirasakan oleh para buruh tani yang ada di Kalurahan Wukirsari dimana pendapatan mereka yang tergolong rendah semakin menurun sedangkan pemenuhan kebutuhan pokok terus berlanjut. Hal ini menyebabkan terjadinya kemiskinan pada rumah tangga pertanian khususnya di daerah pedesaan dan kesejahteraan yang belum bisa mereka capai. Sehingga dibutuhkan strategi sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pokok keluarga buruh tani agar buruh tani tetap melangsungkan kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan lebih jauh lagi bagaimana strategi bertahan hidup buruh tani dalam pemenuhan kebutuhan pokok keluarganya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pemilihan subjek penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu snowball sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buruh tani di Kalurahan Wukirsari untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, buruh tani menggunakan 3 strategi, yaitu strategi aktif, strategi pasif, dan strategi jaringan sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Edi Suharto. Strategi aktif dilakukan dengan melakukan pekerjaan sampingan atau pekerjaan tambahan, pemanfaatan sumber daya alam dan melibatkan anggota keluarga untuk ikut bekerja. Strategi pasif, meliputi meminimalisir pengeluaran dengan penghematan terhadap kebutuhan pangan, sandang, pendidikan dan kesehatan, serta memanfaatkan kondisi alam yang ada. Strategi jaringan, yaitu dengan memanfaatkan strategi jaringan sosial dengan meminjam uang kepada tetangga atau kelompok arisan jika ada keperluan mendesak, atau dengan menerima bantuan dari pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Asep Jahidin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Buruh Tani, Strategi bertahan hidup, Pandemi Covid-19
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:22
Last Modified: 22 Sep 2022 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum