PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENDAMPINGI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) STUDI KASUS PENDAMPING REHABILITASI SOSIAL ANAK YOGYAKARTA

Hasnaa Oktafiana Dewi, NIM.: 18102050068 (2022) PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENDAMPINGI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) STUDI KASUS PENDAMPING REHABILITASI SOSIAL ANAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENDAMPINGI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) STUDI KASUS PENDAMPING REHABILITASI SOSIAL ANAK YOGYAKARTA)
18102050068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENDAMPINGI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) STUDI KASUS PENDAMPING REHABILITASI SOSIAL ANAK YOGYAKARTA)
18102050068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Anak Berhadapan dengan Hukum rentan mengalami pengabaian hak serta terganggu tumbuh kembangnya karena harus beradaptasi dengan proses peradilan. Oleh karena itu Anak Berhadapan dengan Hukum memerlukan adanya pendamping yang mampu memberikan dukungan ke pada anak. Selain berasal dari orang tua, pekerja sosial juga memiliki adil dalam proses pendampingan Anak Berhadapan dengan Anak. Penelitian ini membahas mengenai Peran Pendamping Rehabilitasi Sosial Anak Dinsosnakertrans dalam mendampingi Anak Berhadapan dengan Hukum serta faktor penghambat dan pendukung dalam menjalankan peran. Jenis penelitian yang dilakukan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Peran Pendampingan yang dilakukan oleh Pendamping Rehabilitasi Sosial Anak ketika melakukan pendampingan ABH di Kota Yogyakarta telah sesuai dengan peran pendampingan yang disampaikan oleh Parson, Georgensen dan Hernandes dimana sebagai enabler, fasilitator, broker, mediator, advocator, dan pelindung sedangkan faktor faktor yang mendukung terhadap pelaksanaan peran adalah Sosial Anak didukung oleh adanya komitmen dan panggilan hati, dukungan keluarga, kurangnya , banyaknya jejaring, dan sikap profesionalitas. Faktor penghambat Pendamping Rehabilitasi Sosial Anak diantaranya perbedaan penerimaan anak, klien dan lingkungan yang kurang kooperatif, keputusan yang tumpang tindih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq. M.A.,BSW.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Peran Pendampingan, Pekerja Sosial, Pendampingan ABH, Pendamping Rehabilitasi Sosial Anak
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:31
Last Modified: 22 Sep 2022 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53308

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum