PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PADA KELAS XI DI MAN YOGYAKARTA III

MAHMUDAH - NIM. 06470066, (2011) PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PADA KELAS XI DI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PADA KELAS XI DI MAN YOGYAKARTA III)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PADA KELAS XI DI MAN YOGYAKARTA III)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini Guru Bimbingan dan Konseling mempunyai peranan penting dalam membantu siswa untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa. Sedangkan pengamatan yang di lakukan terhadap siswa kelas XI di MAN Yogyakarta III dapat dikatakan bahwa masih ada yang mengalami kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa kelas XI, peran Bimbingan dan Konseling dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan belajar, dan usaha-usaha guru Bimbingan dan Konseling dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di MAN Yogyakarta III. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siwa kelas XI di MAN Yogyakarta III, guru Bimbingan dan Konseling, dan kepala sekolah MAN Yogyakarta III. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan cara menghitung persentase kesulitan belajar, memberikan makna dan dari makna itu ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar pada siswa kelas XI di MAN Yogyakarta III yaitu tidak memiliki buku-buku pelajaran, dukungan orangtua kurang, cara mengajar guru monoton, situasi kelas kurang kondusif, tidak ada minat untuk belajar, tidak menargetkan hasil belajar, tidak aktif dalam bertanya, pelajaran sulit, dan malas mencatat. 2) Adapun pelaksanaan Peran guru Bimbingan dan Konseling dengan cara memberikan bimbingan belajar, layanan dan kegiatan pendukung. Dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan belajar yaitu dengan cara membantu bimbingan belajar serta mengarahkan peserta didik secara terus menerus supaya mereka dapat memahami dirinya. 3) Peran guru Bimbingan dan Konseling dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan belajar dapat dikatakan mengalami peningkatan atau berhasil dengan baik dalam membimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami S.Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Peran Bimbingan dan Konseling
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 30 Sep 2013 09:01
Last Modified: 22 Mar 2017 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5331

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum