STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA NEW NORMAL DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Refika Anggraini Nurfita, NIM.: 17104090050 (2022) STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA NEW NORMAL DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA NEW NORMAL DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA)
17104090050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA NEW NORMAL DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA)
17104090050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aspek penting dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Guru merupakan sumber daya manusia yang memiliki peran besar dalam pencapaian tujuan pendidikan, terkhusus dimasa new normal ini yang berdampak pada perubahan sistem pembelajaran, segala kelancaran kegiatan di sekolah juga sangat bergantung pada kinerja guru, maka dari itu setiap sekolah harus dapat mengelola sumber daya manusianya dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sumber daya manusia di SMP Negeri 9 Yogyakarta, bagaimana strategi manajemen SDM dalam meningkatkan kinerja guru selama new normal ini beserta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SMP Negeri 9 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpose sampling dan snowball sampling dengan berdasar pada 3 M yaitu mengetahui, memahami dan mengalami. Analisis data dengan mengumpulkan data, menarasikan dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, Sistem kerja guru selama masa new normal dilakukan secara work from home (WFH) dan work from office (WFO) dengan jadwal yang telah ditentukan, terdapat 48 guru dan 11 karyawan di SMPN 9 Yogyakarta. Sekolah masih berupaya memberikan pelatihan dan pengembangan kepada guru sehingga guru memiliki kesiapan dalam menghadapi sistem pembelajaran di masa new normal, namun terdapat juga beberapa guru yang masih memiliki kendala-kendala. Kedua, Strategi manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan kinerja guru selama new normal dilakukan dalam beberapa upaya yaitu: a. Menjaga dan meningkatkan komunikasi, b. Melakukan pendekatan secara personal, c. Meningkatkan evaluasi dan pengawasan selama proses pembelajaran, d. Mengadakan pelatihan. e. Mengadakan program peduli keluarga besar SMPN 9 Yogyakarta. Ketiga, faktor pendukung a. Adanya keterbukaan, b. Mengatasi masalah dengan musyawarah/diskusi, c. Adanya motivasi guru untuk belajar hal baru. Faktor penghambat a. bertambahnya jumlah pekerjaan guru, b adanya kendala dalam adaptasi teknologi bagi beberapa guru, c. Adanya kesulitan dan hambatan yang terjadi pada siswa. d. kendala terhadap partisipasi guru dalam mengikuti program pengembangan SDM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Strategi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kinerja Guru
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 14:01
Last Modified: 22 Sep 2022 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum