PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM SEDERHANA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Mila Tsamrotul Fuadah, NIM.: 17106070004 (2022) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM SEDERHANA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM SEDERHANA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA)
17106070004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM SEDERHANA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA)
17106070004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Materi kimia yang dianggap sulit oleh siswa salah satunya materi kesetimbangan kimia. Materi kesetimbangan kimia dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari akan lebih menekankan siswa dalam berpikir kritis, salah satunya dengan metode praktikum. Pembelajaran dengan metode praktikum masih jarang dilakukan karena keterbatasan waktu pembelajaran dan keterbatasan alat dan bahan praktikum di sekolah. Cara untuk dilakukan praktikum tanpa menyita waktu pembelajaran dan dengan alat dan bahan yang ada adalah dengan menggunakan modul praktikum sederhana dengan berbasis multimedia interaktif. Dengan modul ini praktikum bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik modul praktikum sederhana berbasis multimedia interkatif pada materi kesetimbangan kimia dan melakukan uji kualitas modul praktikum sederhana berbasis multimedia interaktif pada materi kesetimbangan kimia berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan guru kimia dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan 4D Thiagrajan dkk.(1974), terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate, Namun pada tahap disseminate tidak dilakukan. Produk diberi masukan oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk validasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dinilai tiga guru kimia, dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas produk dilakukan dengan menggunakan lembar angket skala likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala guttman. Produk yang telah divalidasi merupakan modul praktikum sederhana berbasis multimedia interkatif pada maetri kesetimbangan kimia. Karakteristik dari modul ini merupakan modul elektronik yang didalamnya terdapat materi, alat dan bahan praktikum yang sederhana, langkah-langkah petunjuk praktikum dan video tutorial praktikum dan evaluasi dari hasil praktikum. Hasil penilaian produk oleh ahli materi mendapat persentase 95,55% dengan katogori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapat persentase 92,50% dengan katogori Sangat Baik (SB), dan penilaian oleh guru kimia mendapat persentase 94,76% dengan katogori Sangat Baik (SB). Modul ini direspon oleh peserta didik dengan persentase sebesar 90,00%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Karmanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, modul praktikum sederhana, multimedia interaktif, kesetimbangan kimia.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 14:01
Last Modified: 22 Sep 2022 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53315

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum